Mudahnya Membuat Deodoran Sendiri Jika Anda tidak cocok dengan deodoran yang dijual di pasaran, mungkin Anda bisa mencoba membuatnya sendiri dengan bahan-bahan alami (Foto: freeimages.com)

Deodoran dapat berfungsi untuk membunuh bakteri pada kulit yang menyebabkan badan Anda berbau tak sedap. Zat antiseptiknya bisa bereaksi dengan senyawa penyebab bau badan. Biasanya bakteri tersebut terdapat di lipatan-lipatan tubuh, seperti ketiak. Maka dari itu, zat antiseptik dibutuhkan untuk membuat bakteri di kulit ketiak tersebut mati.

Pernahkah terpikir oleh Anda untuk bereksperimen membuat deodoran sendiri? Dengan memanfaatkan bahan-bahan alami, sebenarnya Anda bisa membuat deodoran sendiri di rumah. Meskipun tidak ada zat antiseptik khusus, bahan-bahan alami yang Anda gunakan memiliki kandungan yang dapat mematikan bakteri pada kulit ketiak. Dilansir dari NDTV, berikut bahan-bahan untuk membuat deodoran beserta cara membuatnya.

Bahan:

- 1/3 minyak kelapa
- 2 sendok makan baking soda
- 1/3 gelas tepung pati garut
- 10-15 tetes minyak lavender

Cara membuat:

Masukkan minyak kelapa, baking soda, dan tepung pati garut. Aduk campuran itu hingga menjadi rata seperti sebuah krim. Kemudian, tambahkan minyak lavender. Deodoran buatan Anda pun siap dipakai. Perlu diperhatikan bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, yaitu Anda bisa mengurangi takaran baking soda pada campuran bahan tersebut.

Cara menggunakan:

Ambil deodoran yang sudah jadi menggunakan tiga jari. Oleskan di ketiak dan tunggu hingga kering, kurang lebih dua menit. Setelah mengering, ketiak Anda pun akan menjadi harum. Kelebihan dari deodoran alami ini adalah menjaga kelembapan kulit ketiak.


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

YOU MAY ALSO LIKE