Mudah untuk Menghindari Insomnia Ada beberapa hal yang harus diperhatikan bila menginginkan tidur berkualitas. (Foto: Pexels/Pixabay)

BADAN terasa lelah namun mata tak kunjung mau terpejam. Seolah benak tak mengizinkan mata untuk terpejam, terus melakukan aktivitasnya berpikir. Ada saja yang melintas di kepala, entah urusan kantor, tugas yang belum selesai atau urusan lainnya.

Selain itu faktor eksternal dan kebiasaan buruk semakin memperparah waktu istirahat kamu. Lakukan hal ini yang akan membuat kamu mudah untuk mendapatkan istirahat berkualitas.


1. Jelang tidur hindari layar ponsel atau komputer

ponsel
Hindari ponsel ketika hendak tidur. (Foto: Pixabay/stevepb)

Sudah tidak bisa dihindarkan lagi di zaman sekarang ini ponsel selalu ada di genggaman tangan. Baik bangun tidur atau ketika mata mau terpejam. Payahnya lagi ponsel tidak pernah jauh dari jangkauan.
Sebaiknya menghindari aktivitas penggunaan ponsel atau komputer sebelum tidur. Termasuk juga televisi yang dapat mengganggu kualitas istirahat kamu.


2. Tidur pada waktu yang teratur

tidur
Tidurlah pada jam yang sama setiap harinya. (Foto: Pexels/Ivan Obolensky)

Tidur dalam pola waktu yang baik sangat berpengaruh pada aktivitas kamu diesok hari. Memiliki pola tidur yang konsisten bisa membuat tubuh menjadi lebih baik dan teterhindar dari penyakit. Sebaiknya luangkan diri kamu di pagi untuk berolahraga.


3. Kalau kenyang jangan tidur dahulu

kenyang
Perhatikan jam tidur kamu dengan makan malam. (Foto: Pexels/Lovefood Art)

Terlalu banyak menyimpan makanan di perut membuat badan kamu merasa tidak nyaman ketika kamu tidur. Sebaiknya makan beberapa jam sebelum masuk waktu tidur kamu. Badan kamu tidak bisa menghentikan proses peleburan makanan di perut kamu ketika kamu tertidur.


4. Dengarkan lagu easy listening

lagu
Dengarkan lagu-lagu easy listening. (Foto: YouTube/Music Sucks)


Mendengar lagu-lagu yang enak di kuping dapat membuat kamu rileks. Di zaman sekarang sudah banyak kok beberapa playlist ataupun live video lagu-lagu yang membuat kamu rileks. Seperti genre lagu lofi atau jazz bisa membuatmu tidak terlalu banyak berpikir karena senandung lagu yang nyaman. (dnz)


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH