Mudah ngantuk? Waspada Beragam Penyakit Mengintaimu! Alasan-alasan mengapa kamu mudah lelah dan mengantuk ( Foto: pexels/Keenan Constance)

KAMU mudah ngantuk? Menguap terus-terusan dan merasa lelah sepanjang hari? Kamu harus mulai waspada kalau begitu. Mudah mengantuk bisa menjadi pertanda berbagai macam penyakit sedang mengintaimu.

Ada baiknya kamu berkonsultasi dengan dokter jika mudah mengantuk. Soalnya, bisa saja kamu mengidap empat penyakit ini, antara lain:

Baca juga:

Tidur Setelah Makan Siang Ternyata Juga Ada Manfaatnya

1. Anemia

Anemia bisa jadi alasan mengapa kamu mudah mengantuk dan lelah (Foto: pexels/Tirachard Kumtanom)

kekurangan zat besi bisa menjadi salah satu faktor mengapa kamu selalu merasa lelah dan mengantuk. Hal ini menyebabkan sel darah merah berkurang atau berada di bawah batas normal. Gejala ini disebabkan oleh jantung yang bekerja lebih keras karena harus memindahkan darah yang kaya akan oksigen kepada seluruh tubuh.

2. Obesitas

Obesitas membuat tubuh kelelahan membawa beban yang berat, sehingga membuatmu mudah mengantuk(Foto: Pexels/Pixabay)

Obesitas merupakan kondisi seseorang memiliki kelebihan berat badan yang berakhir dengan meningkatkan risiko kelelahan. Hal itu bisa disebabkan karena badan membawa beban yang terlalu berat, sehingga sendi dan otot harus bekerja ekstra dan berakhir pada kelelahan berlebih. Rasa kantuk juga akan semakin parah ketika mengonsumsi makanan tinggi gula.

Baca juga:

Parahnya Bahaya dari Tidur Kelamaan, Bikin Kamu Cepat-cepat Bangun

3. Diabetes

Gula darah yang tinggi juga bisa memicu kamu lelah sepanjang hari (Foto: Pexels/Photomix)

Selain sering buang air kecil, pemulihan luka yang lama, dan pandangan kabur, hal lain yang bisa mengidentifikasi diabetes adalah rasa ngantuk dan lelah berlebih. Hal ini diakerenakan tubuh kekurangan hormon insulin atau mengalami resistensi insulin. Pengidap diabetes akan tambah merasa lelah jika mengalami obesitas pula.

4. Depresi

Depresi bisa membuat dirimu semakin lemah dan menyebabkan lelah berkepanjangan (Foto: pexels/Kat Jayne)

Masalah mental juga bisa mempengaruhi keseharian kita. Mulai dari jam tidur yang berantakan, jam makan yang tidak teratur, hingga kurang tidur atau kelebihan tidur dapat memengaruhi kondisi mental.

Bagi orang yang kebanyakan tidur misalnya, mereka akan mudah merasa lelah. Kondisi lelah ini akan membuat seseorang mengalami depresi. Segera konsultasikan ke psikolog jika merasa depresi.

Bagaimana kondisi kesehatanmu sahabat Merah Putih, apakah mudah mengantuk? (lio)

Baca Juga:

Semakin Gemuk Semakin Susah Tidur, Apa Iya?


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo