Mudah, Lakukan Olahraga Ini untuk Hilangkan Stres Tenis dapat hilangkan stres (Foto: Pexels/Gonzalo Facello)

SETIAP orang tentu pernah merasa stres. Mau itu dikarenakan karena tugas sekolah, kuliah, dan pekerjaan di kantor yang menumpuk. Bahkan, lebih parahnya, seseorang bisa stres tanpa sebab.

Bila tidak mampu diatasi, stres akan membuat aktivitas dan kehidupan terganggu. Kamu akan sulit berpikir jernih, susah tidur, tidak produktif, hingga tidak fokus.

Baca juga:

Stres Bisa Muncul saat Berlibur, Hadapi dengan Trik Ini

Kunci menghilangkan stres ternyata mudah, kamu cukup berolahraga. Aktivitas fisik ini akan membuat tubuh memproduksi hormon endorfin yang dapat menghilangkan stres, karena kamu akan merasa bahagia.

Nah, kira-kira olahraga apa saja sih yang dapat menghilangkan stres?

1. Jalan santai atau jalan cepat

Jalan santai dapat melatih pernapasan (Foto: Pexels/Yogendra Singh)

Jalan santai merupakan olahraga yang paling mudah dilakukan. Karena, sehari-hari pun kamu pasti berjalan. Apabila rutin dilakukan, jalan santai atau jalan cepat dapat meregangkan otot, melatih pernapasan, serta menenangkan saraf. Sehingga kamu akan merasa lebih santai.

Aktivitas ini bisa dilakukan sesuai keinginan, namun akan lebih baik apabila dilakukan dua kali dalam seminggu selama 10 menit. Setelah terbiasa, mulailah untuk menambahkan durasi secara bertahap. Dengan begitu, lama-kelamaan kamu bisa mengelola stres dengan baik.

2. Menari

Saat menari otak dan gerakan harus sinkron (Foto: Pexels/Yogendra Singh)

Menari dapat meningkatkan kelincahan seluruh bagian tubuh. Saat menari, otak dan gerakan yang kamu lakukan harus sinkron. Hal ini akan membuat otak lebih fresh dan kamu bisa berpikir jernih kembali.

Baca juga:

Kenali Tanda-Tanda Seseorang Alami Stres Berat

3. Yoga

Yoga membuat tubuh lentur (Foto: Pexels/Lucas Pezeta)

Gerakan yoga mampu membuat tubuh jadi lentur karena mengurangi ketegangan otot. Latihan memusatkan pikiran melalui pernapasan ini juga memicu relaksasi dalam tubuh, sehingga menjadi kunci utama untuk mengurangi stres berlebih.

Yoga dapat dilakukan di mana saja, termasuk di rumah melalui panduan video atau kelas privat. Beberapa pilihan jenis yoga yang bisa mengurangi stres seperti Hatha, Ashtangam vinyasa, atau bikram.

4. Tai chi

Tai Chi dapat meningkatkan stamina (Foto: Pexels/snapwire)

Bela diri asal Tiongkok ini bukan hanya menggerakkan tubuh. Tai Chi akan membuatmu lebih berkonsentrasi agar bisa menghasilkan gerakan lentur. Hal ini pun dipercaya dapat meningkatkan stamina. Jika olahraga ini diimbangkan dengan istirahat cukup, stres akan berkurang sedikit demi sedikit.

5. Tenis

Tenis membutuhkan konsentrasi (Foto: Pexels/Pixabay)

Olahraga menggunakan raket ini merupakan permainan berpasangan, sehingga dibutuhkan ikatan dengan orang lain agar lebih bersemangat. Kamu juga membutuhkan konsentrasi tinggi agar bisa mengejar dan memukul bola. Manfaat setiap gerakan pada tenis akan membuat jantung sehat dan menjaga tekanan darah tetap normal.

Jadi bagi sahabat Merah Putih yang merasa stres, coba yuk lakukan olahraga mudah tadi agar pikiran dan jiwa jadi sehat. (lio)

Baca juga:

3 Alasan Berkebun bisa Jadi Terapi Stres


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH