Otomotif

Mudah dan Murah, Ini Tips Merawat AC Mobil Dari Rumah

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Sabtu, 05 Februari 2022
Mudah dan Murah, Ini Tips Merawat AC Mobil Dari Rumah
Kenali tips perawatan AC Mobil yang mudah dan murah (Foto: pixabay/joshuajcreative)

AC MOBIL merupakan salah satu fitur yang sangat penting pada mobil. Karena ditengah cuaca panas dan terik pada siang hari, AC mobil sangat berguna untuk menyejukan udara di kabin mobil. Kemudian ketika hujan, AC bisa membantu menghilangkan embun dari kaca mobil.

Mengingat pentingnya fungsi AC mobil, ada beberapa tips mudah perawatan AC yang bisa dilakukan secara mandiri dari Auto2000.

Baca Juga:

Tips Mudah Merawat Sistem Pengereman ABS

Jaga kebersihan kabin mobil (Foto: pixabay/ninofficialphotography)

Seperti yang dilansir dari laman kabaroto.com, Tips yang pertama yakni jaga kebersihan kabin mobil. Mobil yang kotor dan berdebu bisa menggangu kebersihan AC Mobil. Adapun kondisi lannya bisa menyebabkan AC menjadi tidak dingin, dan udara yang diembuskan pun menjadi tidak sehat karena kotor.

Karena, AC Mobil menggunakan sistem sirkualis tertutup yang memanfaatkan udara di kabin mobil untuk didinginkan secara berulang-ulang.

Tips kedua hindari membuka kaca mobil saat berjalan. Pada kondisi tertentu seperti saat membayar tol atau parkir, membuat kamu wajib membuka kaca mobil dan itu tidak bisa dihindari.

Sebaiknya, segeralah tutup kaca mobil setelah urusan selesai, agar kotoran tidak bisa masuk ke dalam kabin. Kemudian, usahakan untuk tidak membuka kaca bila tidak ada kepentingan.

Sikap tersebut membuat kabin tetap sejuk dan kerja AC tak terlalu berat. Hal itu lantaran udara di dalam mobil selalu bersih.

Hindari membuka kaca mobil bila tidak diperlukan (Foto: pixabay/ktphotography)

Tips ketiga yaitu jangan merokok di dalam mobil. Aroma tidak sedap dari asap rokok sangat sulit dihilangkan, dan akan menempel pada berbagai sudut kabin mobil.

Selain itu, asap rokok pun memiliki potensi masuk ke dalam sistem sirkulasi AC, sehingga udara dan aroma yang tidak sedap dari nikotin yang berbahaya bagis kesehatan, dapat bercampur dengan udara pendingin kabin.

Tak hanya itu, asap rokok pun akan menempel pada filter kabin atau filter AC yang menyaring udara dari AC mobil hingga memperpendek usia pakainya. Hal itu bisa memicu kerusakan pada AC.

Baca Juga:

Rifat Sungkar Bagikan Tips Memilih Pelek Aftermarket

Tips keempat yakni selalu bersihkan filter AC. Filter AC mobil atau ada yang menyebutnya sebagai filter kabin, merupakan menyaring udara yang digunakan untuk mendinginkan kabin mobil.

Biasanya filter tersebut berada pada dasbor dan mengambil udara dari sisi kaki penumpang depan. Lokasi tersebut rentan kotor, jadi kamu harus memastikan kebersihan filter AC, guna menjaga kualitas udara pada mobil tetap segar dan bersih.

Tips kelima, gunakanlah pengharum mobil yang sesuai. Sebaiknya gunakan parfum dengan aroma netral atau tidak menyengat. Kemudian, pilih pengharum ruangan yang tak bisa membuat AC cepat kotor dan merusak interior mobil, seperti halnya meninggalkan bercak noda. (Ryn)

Baca Juga:

IIMS 2022 akan Hadirkan Sejumlah Kejutan Bagi Pencinta Otomotif

#Otomotif #Tips Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan