Mudah, Bikin Kacang Disko di Rumah Kacang disko. (foto: resepkoki)

CAMILAN apa yang paling pas untuk menemani nonton? Pasti banyak yang menjawab kacang. Ya, kacang-kacangan, salah satunya kacang tanah, memang pas banget sebagai teman nonton.

Di balik kerenyahan dan rasa lezat kacang, tersimpan berbagai manfaat bagi kesehatan lo. Kacang mengandung antioksidan yang bisa membantu mencegah kanker dan membantu dalam regenarasi sel.

Bahkan, beberapa kajian menunjukkan kacang tanah dapat berguna sebagai penurun tekanan darah tinggi dan kandungan kolestrol dalam darah. Selain itu, bahan makanan satu ini juga berkesan untuk melegakan penyakit hemofilia atau kecenderungan mudah berdarah, penyakit keputihan, dan insomnia.

BACA JUGA: Ragam Manfaat Tersembunyi dari Kacang

Kacang tanah dapat diolah menjadi berbagai sajian lezat, bisa dengan cara direbus, disangrai, atau yang paling populer dengan cara digoreng. Kacang tanah goreng pun tak hadir polos saja. Banyak variasi rasa dan tampilannya, salah satunya kacang disko.

Kacang disko ialah olahan kacang tanah goreng berbalut adonan tepung ‘keriting’ yang krispi. Dari situlah sebutan disko mungkin berasal, yaitu seolah kacang berdisko dan menghasilkan bentuk keriting yang unik.

Tak sulit membuat sendiri kacang disko di rumah sebagai teman untuk nonton di akhir pekan. Tipsnya, pastikan api saat menggoreng selalu kecil agar kacang tidak mudah gosong dan matang merata. Yuk, bikin dengan resep dari Resepkoki berikut.


RESEP KACANG DISKO


BAHAN-BAHAN


Kacang tanah kupas - 250 gram
Tepung terigu - 130 gram
Tepung tapioka - 25 gram
Putih telur - 1 butir
Bawang putih, haluskan - 2 siung
Gula pasir - 50 gram
Garam - 1/2 sdt


CARA MEMBUAT

1. Dalam wadah, mikser putih telur dengan garam hingga berbusa.

2. Masukkan gula lalu mikser kembali hingga mengembang.

3. Masukkan bawang putih halus, aduk rata.

4. Masukkan kacang tanah, aduk rata.

5. Masukkan tepung terigu dan tapioka. Aduk hingga rata.

6. Panaskan banyak minyak goreng dengan api sedang-kecil. Goreng kacang secukupnya (jangan terlalu penuh dalam wajan) sambil sesekali diaduk agar kacang tidak menggumpal. Goreng hingga matang dan berubah kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Siap disajikan atau simpan dalam toples jika sudah dingin.(*)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH