Mudah Berbagi Profil dengan Fitur Baru Instagram Instagram merilis fitur baru. (Foto: SharkVLOG)

MEDIA sosial sudah menjadi 'makanan' sehari-hari untuk banyak orang. Tak terkecuali aplikasi Instagram yang digunakan banyak orang di seluruh dunia.

Kini aplikasi tersebut telah meluncurkan fitur baru yang sudah bisa kamu coba. Adalah fitur kode QR yang akan memudahkan pengguna Instagram membagikan profil mereka ke pengguna lain.

Baca juga:

Facebook Hadirkan Fitur Musik Baru, Intip Detailnya

Jika sebelumnya kamu harus menggunakan Name Tag untuk mencari pengguna lain, saat ini cukup dengan memindai kode tersebut dengan aplikasi kamera yang bisa membaca kode QR.

Mudah Berbagi Profil dengan Fitur Baru Instagram
nstagram merilis fitur QR code. (Engadget)

Melansir laman The Verge, fitur ini sebenarnya sudah dirilis di Jepang pada 2019. Bermula dari sebuah inovasi yang mempermudah pebisnis untuk meminta pelanggannya membuka profil mereka. Hanya dengan memindai kode tersebut, pengguna bisa mencari tahu informasi toko atau mengikuti akun toko tersebut.

Mudah Berbagi Profil dengan Fitur Baru Instagram
Fitur QR code akan mempermudah untuk membagikan profil kepada pengguna lain. (Unsplash/neonbrand)

Kamu juga bisa membuat kode QR-mu sendiri dengan membuka menu pada bagian pengaturan profil. Setelah kode berhasil ditampilkan, kamu bisa memilih untuk menyimpannya atau ingin membagikan gambar tersebut. Kemudahan ini membuat orang-orang tidak perlu menuliskan nama profil mereka satu per satu.

Mudah Berbagi Profil dengan Fitur Baru Instagram
Seperti fitur Name Tags yang bisa diubah latar belakang warna atau selfie. (Foto: Tech Crunch)

Nah, kamu juga bisa mengubah penampilan QR code tersebut. Seperti mengubah warna yang telah disediakan oleh Instagram, menggunakan emoji, atau bisa dengan selfie. Tinggal pilih pada menu background sesuai keinginanmu.

Baca juga:

Twitter Terancam Didenda Rp3,6 Triliun



Mungkin beberapa orang sudah familiar dengan fitur ini, terutama bagi kamu yang sudah pernah menggunakan aplikasi Snapchat, yakni Snapcode.

Tidak hanya itu aplikasi lain yang menggunakan fitur serupa adalah Twitter, Facebook, dan Spotify. Tentu ini mempermudah pengguna untuk mengakses informasi hanya dengan menggunakan kamera ponsel.

Apalagi di masa pandemi saat ini. Banyak restoran, cafe, dan toko lainnya yang beralih dari daftar menu fisik dan menggantinya dengan kode QR. Hal ini sangat efektif untuk memberikan rasa aman pada konsumen. (ren)

Baca juga:

Jika Benar-Benar Dilarang di AS, TikTok Terancam Hilang dari Toko Aplikasi


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH