Muda dan Inspiratif, Majalah TIME Jadikan Greta Thunberg Person of the Year 2019 Greta Thunberg terpilih jadi Person of the Year 2019 Majalah TIME (Foto: Twitter/@TIME)

REMAJA perempuan asal Swedia ini namanya ramai dibicarakan dunia, setidaknya setahun ke belakang. Ialah aktivis muda Greta Thunberg yang baru-baru ini di oleh majalah TIME sebagai Person of the Year untuk 2019. Thunberg gencar menyuarakan isu-isu terkait pemanasan global dan perubahan iklim, ia bahkan sempat melakukan aksi mogok sekolah dalam upaya 'menyadarkan' pemerintah Swedia tentang isu lingkungan yang kerap disuarakan oleh Thunberg.

Tidak sembarang orang bisa terpilih sebagai Person of the Year oleh majalah TIME. Penghargaan tahunan tersebut menyoroti pribadi atau kelompok yang dianggap paling berpengaruh untuk Dunia. Penerima penghargaan di tahun-tahun sebelumnya termasuk Presiden Amerika Barack Obama, Bill Clinton, dan Donald Trump.

Baca juga:

Merasa Menjadi Kewajiban, Alasan Nadine Chandrawinata Terlibat Sebagai Aktivis Lingkungan Hidup

Thunberg memulai aksinya sejak 2018, ia sampai mogok bersekolah pasca gelombang panas dan kebakaran hutan yang terjadi di Swedia. Aktivis muda ini menuntut pemerintah di negaranya untuk mengurangi emisi karbon, setiap hari ia muncul di depan gedung lembaga legislatif dan badan pengambil keputusan tertinggi di Swedia dengan membawa papan bertuliskan Skolstrejk för klimatet yang berarti mogok sekolah untuk iklim.

Muda dan Inspiratif, Majalah TIME Pilih Greta Thunberg Sebagai Person of the Year 2019
Aksi Greta Thunberg akhirnya banyak di dukung orang di seluruh dunia (Foto: businessinsider)

Sampai aksi yang dilakukan Thunberg mendapat perhatian dan menginspirasi banyak pelajar sekolah di seluruh dunia. Setidaknya lebih dari 20.000 pelajar mengikuti pergerakan yang dicanangkan oleh gadis paling berpengaruh dunia versi majalah TIME tersebut.

Greta Thunberg juga menjadi sosok termuda yang pernah terpilih, sejak majalah TIME mulai memberikan predikat Person of the Year pada tokoh-tokoh berpengaruh dunia di 1927.

Baca juga:

Polusi Udara Jakarta Pengaruhi Perubahan Iklim

Dalam sebuah wawancara yang dilakukan pimpinan redaksi majalah TIME dengan NBC, dikatakan Thunberg telah menjadi sosok paling vokal terhadap isu lingkungan terbesar yang dihadapi bumi tahun 2019. From zero to hero, muncul dari kota Stockholm dan lalu memimpin gerakan isu lingkungan secara global.

Aksi inspiratif Thunberg terkait isu lingkungan di 2019 mendapat perhatian, pujian, dan dukungan dari banyak pihak, tak terkecuali artis-artis besar dunia. Di antaranya yakni Leonardo DiCaprio, Bjork, dan band 1975. Bahkan Thurnberg pernah diajak untuk berkolaborasi dalam lagu bersama 1975 di musim panas 2019. (ADP)

Baca juga:

Billie Eilish Bagikan Tiket Konser Gratis untuk Mereka yang Peduli Lingkungan

Kredit : anandadimas


Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH