Mubes Pemuka Lintas Agama, Ini 7 Isu yang Sedang Dibahas Jokowi bersama tokoh lintas agama yang tergabung dalam Asosiasi Forum Komunikasi Umat Beragama Indonesia, di Istana Kepresidenan Bogor. (Foto: Humas/Agung/setkab.go.id)

MerahPutih.com - Musyawarah Besar Pemuka Agama untuk Kerukunan Bangsa berlangsung dari 8-10 Februari 2018. Musyawarah diikuti tokoh lintas agama di Indonesia membahas tujuh isu utama.

"Forum ini ajang silaturahim dan dialog dari hati ke hati para pemuka agama membahas masalah untuk kerukunan bangsa," kata Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerja Sama Antaragama dan Peradaban Din Syamsuddin di Jakarta, Kamis (8/2), dilansir Antara.

Dalam acara pembukaan Mubes tersebut, dia mengatakan tujuh isu yang dibahas. Pertama, pandangan dan sikap umat beragama tentang NKRI yang berdasarkan Pancasila.

Kedua, soal pandangan dan sikap umat beragama tentang Indonesia yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. Ketiga, pandangan dan sikap umat beragama tentang pemerintahan yang sah hasil Pemilu.

Keempat, prinsip-prinsip kerukunan antarumat beragama (teologi kerukunan). Kelima, masalah penyiaran agama dan pendirian rumah ibadah.

Keenam, solusi terhadap masalah intra agama. Ketujuh, rekomendasi tentang faktor-faktor nonagama yang mengganggu kerukunan antarumat beragama.

Din mengatakan pembahasan soal tujuh isu tersebut diawali dengan diskusi internal pemuka dari masing-masing agama. Kemudian dilanjutkan dengan paparan kepada seluruh hadirin pemuka lintas agama.

Kegiatan tersebut dilangsungkan pada 8-10 Februari 2018. Sejumlah tokoh agama diundang seperti dari kalangan Islam, Katholik, Protestan, Hindhu, Buddha, Konghuchu dan lainnya. (*)



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH