Mual Usai Makan Makanan Bersantan Saat Lebaran? Ini 4 Langkah Mudah Mengatasinya atasi rasa mual kamu usai menyatap makan bersantan dengan langkah mudah (Foto: pixabay/sharonang)

MOMEN Hari Lebaran merupakan sebuah momen yang paling dinantikan oleh seluruh umat muslim di dunia. Betapa tidak, karena biasanya waktu lebaran merupakan saat yang tepat untuk berkumpul dengan keluarga besar.

Pada saat acara kumpul keluarga di momen Lebaran, biasanya banyak sekali menu khas lebaran yang disajikan. Kuliner serba santan pun sudah melekat erat pada 'kuliner wajib' khas Hari RAya.

Akan tetapi, kuliner yang menggunakan campuran santan, biasanya meninggalkan rasa mual setelah menyantapnya. Untuk itu, seperti dilansir dari Medical News Today, berikut ini berbagai cara mengatasi mual saat mengonsumsi kuliner bersantan.

1. Minum Air Mineral yang Banyak

Air mineral bisa menghilangkan mual foto: pixabay/congerdesign)

Untuk mencegah rasa mual usai mengonsumsi kuliner bersantan, kamu bisa mengatasinya dengan memperbanyak mengonsumsi air mineral. Sebaiknya jangan pilih air yang dingin atau hangat, pilihlah air mineral suhu ruang, guna mengatasi rasa mual kamu.

Konsumsilah air mineral yang cukup, namun saat minum, jangan lupa untuk memberi jeda. Tunggulah beberapa saat dan mual pun dapat hilang lantaran asupan air mineral yang cukup.

2. Air Jahe

Air jahe dapat dengan cepat mengatasi rasa mual (Foto: pixabay/free-photos)

Cara kedua untuk menghilangkan mual usai mengonsumsi kuliner bersantan ialah minum Air Jahe. Rasa pedas yang menghangatkan dari jahe, bisa dengan cepat mengatasi rasa mual kamu usai mengonsumsi berbagai kuliner bersantan.

Jika kamu tak menyukai air jahe polos, kamu bisa menyajikannya bersama dengan teh. Selain meminum airnya, disarankan kamu langsung menggigit jahe agara ratas mual kamu teratasi dengan cepat.

3. Buah Lemon

Atasi rasa mual dengan buah lemon dengan sensasi asamnya (Foto: pixabay/stevepb_

Buah lemon dipceraya bisa mengantarkan rasa asam yang dapat menghilangkan mual. Caranya, kamu bisa mencapurkannya dengan teh atau menjadikannya infused water. Selain itu bisa juga dengan cara langsung digigit, agar bisa merasakan sensasi asam yang dihantarkan.

4. Hindari Makan Makanan Pedas

Hindari makanan pedas untuk mengatasi rasa mual usai mengonsumsi makanan bersantan (Foto: pixabay/chengzhu)

Kendati makanan pedas sangat menggoda, namun tak disarankan memakan makanan pedas disaat mual usai menyantap kuliner serba santan. Jadi sebagai gantinya, makanlah makanan yang mengandung banyak protein seperti halnya telur.

Baca juga: Tips Mendongkrak Semangat Kerja setelah Lebaran

Nah itu dia beberapa langkah mudah menghindari mual usai menyantap hidangan bersantan. Semoga bermanfaat yang guys. (ryn)



Raden Yusuf Nayamenggala