Keren Banget, MRT Jakarta Akan Punya Ruang Khusus Disabilitas

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Selasa, 11 Desember 2018
Keren Banget, MRT Jakarta Akan Punya Ruang Khusus Disabilitas
Pekerja melakukan perawatan segment tunnel (ruas terowongan) Mass Rapid Transit (MRT) di kawasan Senayan, Jakarta. (MP/Derry Ridwansah)

MerahPutih.com - Menjelang pengoperasian kereta Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta, pihak MRTJ telah memikirkan upaya untuk kepentingan fasilitas bagi masyarakat. Salah satunya tempat duduk bagi kaum disabilitas.

Direktur Utama MRTJ, William Sabandar mengaku nantinya tempat duduk untuk penyandang disabilitas sama seperti yang ada di kereta milik PT KAI. Yang mana disetiap gerbong akan disediakan.

"Ada di semua kereta. Harus ada. Disiapkan dengan ruang penyandang disabilitas," jelas Wiliam, selasa (11/12).

Tak hanya itu, MRT Jakarta juga akan memikirkan kereta khusus untuk wanita. Namun, lanjut dia, hal itu tengah didiskusikan oleh pihak-pihak terkait. Kemudian pandangan publik untuk pastinya terkait kereta khusus wanita itu. "Itu lagi didiskusikan. Kita lagi minta pandangan publik kira-kira seperti apa gitu. Kira-kira yang akan kita lihat kan 50-50 nih," katanya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (ke-2 dari kanan) usai uji coba MRT Jakarta dari Depo Lebak Bulus hingga Bunderan HI. MP/Asropih

Namun demikian, Wiliam menuturkan, kemungkinan besar gerbong wanita akan diadakan setiap jam sibuk saja. "Kemungkinan yang akan kita terapkan pada jam sibuk. Itu kita siapkan gerbong khusus wanita. Itu baru skenario ya, kira-kira demikian," tuturnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan baru saja mengumumkan nama kereta MRT Jakarta. Kereta Moda Raya Terpadu itu diberi nama 'Ratangga'.

Alasan dirinya memberikan nama tersebut, karena Ratangga memiliki arti kereta kuda yang kuat dan dinamis yang diambil dari sejarah di Indonesia yakni, Mpu Tantular. (Asp)

#MRT Jakarta #Anies Baswedan
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan