MPR: Momen Hari Konstitusi Kesepakatan untuk Bersatu

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Sabtu, 19 Agustus 2017
MPR: Momen Hari Konstitusi Kesepakatan untuk Bersatu
Ketua MPR Zulkifli hasan (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

MerahPutih.com - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan merayakan peringatan Hari Konstitusi pada setiap tanggal 18 Agustus bermakna bangsa Indonesia sepakat hidup bersatu dalam keberagaman di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sejak Indonesia merdeka.

"Merayakan hari konstitusi ungkapan rasa syukur dengan nikmat kebinnekaan sampai hari ini. Mari hentikan silang sengketa soal suku, agama, dan latar belakang lainnya," kata Zulkifli saat pidato pada peringatan Hari Konstitusi di Komplek Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Jumat (18/8).

Menurut Zulkifli, konstitusi menggambarkan keseluruhan sistem ketatanegaraan suatu negara, berisi aturan yang merupakan konsensus seluruh warga negara mengenai bangunan negara yang diidealkan.

"Idealnya konstitusi memuat hasil perjuangan politik di masa lampau dan merangkum konsensus tokoh-tokoh bangsa yang hendak diwujudkan di masa mendatang," kata dia.

Zulkifli menambahkan, tantangan utama bangsa Indonesia saat ini, sesungguhnya bukan munculnya gerakan ingin mengubah dasar negara atau bentuk negara seperti yang pernah terjadi dalam sejarah di Indonesia, tapi menjaga kemajemukan sekaligus meneguhkan kemandirian bangsa.

"Bangsa Indonesia harus terus bersatu dan berdaulat," tandasnya. (*)

Sumber: ANTARA

#MPR RI #Zulkifli Hasan #HUT RI Ke-72
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan