MPR Desak Indonesia Amankan Stok Vaksin

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 22 Juni 2021
MPR Desak Indonesia Amankan Stok Vaksin
Kedatangan vaksin di Indonesia. (Foto: Sekretariat Presiden)

MerahPutih.com - Pemerintah diminta mengevaluasi ketersediaan serta kebutuhan stok vaksin nasional. Dengan demikian, pemerintah dapat mengambil langkah cepat untuk bernegosiasi dengan negara lain dalam mengamankan stok vaksin nasional.

"Baik dengan pendekatan bilateral, multilateral, maupun pengembangan dari dalam negeri," terang Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) dalam siaran persnya kepada wartawan di Jakarta, Selasa (22/6).

Baca Juga:

Dibantu TNI-Polri, Menkes Pede Vaksinasi 1 Juta Per Hari Tercapai Juli

Bamsoet menuturkan, pentingnya komitmen pemerintah untuk terus melakukan percepatan dan penguatan dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19, khususnya di tengah lonjakan yang terjadi saat ini.

Bamsoet meminta distribusi vaksin ke berbagai daerah bisa terus dilakukan sesuai kebutuhan daerah agar dapat tercapai kekebalan komunitas.

Wakil Ketua Umum Golkar ini meminta, masyarakat yang belum mengikuti vaksinasi dan memanfaatkan layanan kesehatan gratis vaksinasi COVID-19 dari pemerintah.

Kementerian Kesehatan melaporkan jumlah orang yang sudah menerima vaksinasi COVID-19 dosis pertama di Indonesia sampai Senin (21/6) pukul 18.00 WIB, telah mencapai 23.530.219. Jumlah ini berarti 58,32 persen dari total sasaran tahap I dan II sebanyak 40.349.049.

Sementara jumlah warga yang sudah mendapat suntikan pertama dan kedua atau dosis lengkap vaksin COVID-19 sebanyak 12.398.428 orang atau 30,73 persen dari total sasaran.

Kedatangan vaksin. (Foto: Sekretariat Presiden)
Kedatangan vaksin. (Foto: Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, sebanyak 10 juta dosis vaksin COVID-19 produksi Sinovac dalam bentuk bahan baku atau bulk tiba di Tanah Air, Minggu (20/06/2021) siang, melalui Bandar Udara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Dengan kedatangan vaksin ini, maka jumlah total vaksin yang telah diterima Indonesia saat ini adalah sebanyak 104.728.400 dosis, dengan perincian vaksin produksi Sinovac sebanyak 94,5 juta dosis, AstraZeneca 8.228.400 dosis, dan Sinopharm 2 juta dosis.

“Pemerintah selalu hadir dalam rangka mengamankan sekitar 426,8 juta dosis vaksin COVID-19 ini. Upaya-upaya ini tentunya kita lakukan dalam rangka penyediaan dalam bentuk pendekatan bilateral, multilateral, maupun eksplorasi daripada produk-produk dalam negeri," ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan (Sekjen Kemenkes) Oscar Primadi. (Knu)

Baca Juga:

Vaksinasi Pelaku Wisata Kembali Digelar di Kabupaten Sleman

#Breaking #Vaksinasi #Vaksin Covid-19 #Vaksin Merah Putih #MPR RI #Bambang Soesatyo #COVID-19 #Kasus Covid
Bagikan
Bagikan