MPIG Harap Petani Hasilkan Biji Kopi Terbaik

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Senin, 02 Oktober 2017
MPIG Harap Petani Hasilkan Biji Kopi Terbaik
Ilustrasi petani kopi. (ANTARA FOTO/Rizky Pinossa)

MerahPutih.com - Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) Kopi Java Sindoro-Sumbing Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, mendorong petani setempat menghasilkan biji kopi terbaik, tidak hanya menjual dalam bentuk kopi gelondong (bulat) yang selama ini dilakukan di wilayah itu.

"Kami berharap petani mengolah kopi hingga menghasilkan biji kopi terbaik sehingga memiliki nilai tambah," kata Ketua MPIG Kopi Java Sindoro-Sumbing Tuhar di Temanggung, Senin (2/10).

Kawasan lereng Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing di Kabupaten Temanggung, selain menghasilkan tembakau juga merupakan penghasil kopi arabika.

Tuhar mengatakan, dengan menghasilkan biji kopi, maka nilai jualnya bisa mencapai Rp 90 ribu per kilogram untuk kualitas bagus, sedangkan kopi gelondong hanya dihargai Rp 10.000 per kilogram.

"Jika petani bisa menghasilkan biji kopi, maka akan mendapatkan penghasilan lebih besar dari pada hanya menjual dalam bentuk kopi gelondong yang masih ada kulitnya," katanya.

Ia mengatakan, untuk mewujudkan hal tersebut pihaknya siap memberikan pendampingan atau pelatihan kepada kelompok tani tentang pengolahan kopi yang benar sesuai standar.

Ia menuturkan, kawasan lerang Sindoro dan Sumbing berpotensi untuk pengembangan kopi arabika karena posisi lahan berada pada ketinggian 1.500-1.800 meter di atas permukaan laut.

Ia menyampaikan, ciri khas kopi arabika yang dihasilkan petani Sindoro-Sumbing adalah beraroma tembakau, karena tanaman kopi bersanding dengan tanaman tembakau.

"Citarasa seperti itu sudah terkenal, bahwa kopi Sindoro Sumbing itu ada aroma tembakaunya," katanya.

Ia mengatakan, sertifikat indikasi geografis menerangkan produk daerah asal, bahwa kopi arabika dari wilayah Sindoro-Sumbing memiliki ciri khas aroma tembakau, maka kedepan tidak bisa monokultur kopi saja karena akan menghilangkan ciri khas tersebut. (*)

Sumber: ANTARA

#Biji Kopi #Petani Kopi
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan