MotoGP Mandalika, Kemenkominfo Hadirkan 2 Pengalaman 5G bagi Pengunjung

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 15 Februari 2022
MotoGP Mandalika, Kemenkominfo Hadirkan 2 Pengalaman 5G bagi Pengunjung
Foto udara tikungan ke-10 Pertamina Mandalika International Street Circuit jelang tes pramusim MotoGP di KEK Mandalika, Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Rabu (9/2). ANTARA FOTO/Ahmad

MerahPutih.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika menyiapkan sarana penunjang untuk mendukung penyelenggaraan MotoGP Mandalika di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Maret 2022. Salah satunya yakni akses internet.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyampaikan, pihaknya menyiapkan dua jenis pengalaman jaringan 5G bagi pengunjung yakni 5G Experience dan 5G Showcase.

Baca Juga

Dukung MotoGP Mandalika, Pemerintah Siapkan Jaringan 4G dan 5G

"Pengalaman berupa 5G Experience, Telkomsel menggunakan pita frekuensi eksisting-nya yaitu 2,1 GHz untuk layanan komersial 5G Experience pada sejumlah titik lokasi, baik di area sirkuit maupun hotel sekitarnya," kata Johnny di Jakarta, Selasa (15/2).

Bukan itu saja, dia menyebut pengalaman ini akan didukung oleh Telkomsel dan XL juga secara bersama-sama menggunakan pita frekuensi 3,5 GHz.

Untuk pengalaman berupa 5G Showcase, kata Menkominfo, akan disediakan oleh Telkomsel dan XL dengan menampilkan beberapa jenis potensi use case teknologi 5G.

“Bagi pengunjung agar dapat menikmati layanan 5G, maka harap dipastikan smartphone yang digunakan mendukung untuk layanan 5G di pita frekuensi 2,1 GHz (band n1) dan 3,5 GHz (band n77 dan n78). Selain itu, juga agar dipastikan SIM card telah upgrade menjadi uSIM,” jelasnya.

Baca Juga

Menkominfo: MotoGP Mandalika Etalase Industri Olahraga Indonesia

Menurut Menteri Johnny, layanan 5G experience juga pernah digelar untuk event nasional sebelumnya. Contohnya Peluncuran Gerakan Bangga Buatan Indonesia di Labuan Bajo oleh Telkomsel, dan saat Pekan Olahraga Nasional XX Papua.

“Sekarang pada saat MotoGP nanti juga kita siapkan 5G Experience melalui augmented reality yang akan digunakan oleh semua pengguna atau pemanfaatan jaringan telekomunikasi, agar mempunyai pengalaman 5G yang lebih baik,” jelasnya.

Menkominfo juga mendorong tiga operator seluler yang telah diberikan izin untuk operasi komersial dapat segera mengimplementasikan baik untuk 5G Experience maupun operasi full jaringan telekomunikasi 5G ke depan.

“Saya tentu berharap dan mengajak kita sekalian, mari terus kita perkuat kerja sama dan kolaborasi demi menyukseskan penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022 dan tunjukkan Indonesia yang Terkoneksi, Makin Digital, Makin Maju,” pungkasnya. (*)

Baca Juga

Kemenkominfo Ungkap Segudang Manfaat Gunakan Internet Positif

#Menkominfo #Kemenkominfo #Sirkuit Mandalika #Mandalika #MotoGP
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan