MotoGP kembali Digelar 19 Juli Pembukaan musim balap di Qatar sebelumnya dibatalkan. (Foto: Unsplash/Macau Photo Agency)

DI tengah pandemi yang belum mereda, MotoGP akan kembali bergulir. Balapan pertama di kalender 2020 akan digelar 19 Juli mendatang di Circuito de Jerez, Spanyol. Balap ini digelar setelah pembuka musim Maret di Qatar dibatalkan.

Tiga bulan lalu, melansir laman Daily Star, pembuka musim balap MotoGP di Qatar akhirnya dibatalkan. Balap pembuka itu dijadwalkan pada 8 Maret, tapi batal karena pandemi yang merebak.

Baca juga:

Zillers Garage Ciptakan BMW R NineT Versi Aviasi

1
Akan digelar tanpa penggemar fanatik. (Foto: Unsplash/Macau Photo Agency)

Sebagai akibat penerapan lockdown akibat virus corona, semua kegiatan dan kompetisi olahraga di seluruh dunia dihentikan. Ketika COVID-19 belakangan ini dianggap telah berada di bawah kendali yang lebih baik, kegiatan olahraga diperbolehkan kembali digelar. Namun, tetap menerapkan langkah-langkah keamanan dan protokol baru.

Salah satunya yang kembali digelar ialah MotoGP. Balapan motor itu akan kembali digelar secara tertutup. Jadi para penggemar olahraga harus menunggu lebih sabar untuk bisa menghadiri ajang seru ini.

Jarak sosial memang jadi isu utama. Namun, para penggemar bisa menikmati balapan akan via TV di seluruh dunia. Untuk musim 2020, balapan pertama akan dihelat pada 19 Juli di Circuito de Jerez, Spanyol. Jumlah minimum 13 balapan akan berlangsung musim ini antara Juli dan November. Sementara itu, mungkin akan ada empat ajang lagi di luar Eropa hingga 13 Desember nanti.

Baca juga:

Toto Wolff Turun Takhta, Nasib Lewis Hamilton tidak Jelas

2
Digelar dengan minimum 13 balapan. (Foto: Unsplash/Macau Photo Agency)

Pihak MotoGP memberi menyatakan akan berlangsung minimal 13 putaran untuk Kejuaraan Dunia Moto2 dan Moto3 pada 2020. Akan ada 12 putaran untuk MotoGP setelah absen pada balapan pembuka musim di Qatar. "Namun, kami bisa melihat maksimum berlangsung 17 putaran. Dengan empat balapan mungkin berpotensi diadakan di luar Eropa antara 22 November dan 13 Desember," jelas pihak MotoGP.

Mereka menambahkan, Grand Prix Red Bull Amerika, Grano Premio Motul de la Republica Argentina, Grand Prix Thailand, dan Grand Prix Motor Shell Malaysia akan dikonfirmasi sebelum 31 Juli. Semua tanggal, acara, dan kehadiran penonton pada akhirnya tunduk pada evolusi pandemi dan persetujuan dari pemerintah dan otoritas terkait.

Semua pembalap akan kembali ke jalur persaingan di musim 2020. Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, mengincar gelar juara dunia kesembilan. Itu belum pernah terjadi sebelumnya. Marquez akan bersaing bersama para pembalap legenda MotoGP, Valentino Rossi asal Italia, dan Cal Crutchlow dari Inggris.

Fan MotoGP juga akan berkesempatan menonton semua seri balapan MotoGP secara langsung dan secara eksklusif di saluran BT Sport, Inggris. (lgi)

Baca juga:

NASCAR Melarang Bendera Konfederasi di Semua Balapan dan Event

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Leonard G.I

LAINNYA DARI MERAH PUTIH