MotoGP
MotoGP Italia Tak Seharusnya Dilanjutkan Jason Dupasquire, pebalap Moto3 yang tewas di sirkuit Mugello. (Foto: nypost)

PARA pebalap MotoGP menyesalkan seri Italia masih dilanjutkan setelah kematian pebalap Moto3, Jason Dupasquier (CarXpert PruestelGP). Bagi pebalap kelas bergengsi sudah seharusnya seri Italia inio ditangguhkan untuk menghormati Dupasquier.

Pengumuman kematin pebalap berusia 19 tahun hanya beberapa jam sebelum balapan dimulai. Francesco Bagnaia dan rekan satu timnya Jack Miller, dan Danilo Petrucci menyuarakan hal itu. Padahal balapan di Mugello selalu menjadi keutaman bagi Bagnaia. Namun kemarin itu, Bagnaia mengatakan bahwa menjadi yang pertama atau terakhir di garis finis tak memberikan efek apapun. Hari itu Bagnaia merasakan sebagai hari paling buruk dalam kehidupannya.

Baca Juga:

Teknologi Baru yang Disematkan pada Motor Balap MotoGP

pebalap
Pebalap Dupasquire tertabrak oleh pebalap lainnya setelah terjatuh di trek balapan. (Foto: MotoGP)

Namun Bagnaia menyadari bahwa ini bukan tentang dirinya sendiri. Banyak orang yang bekerja pada hari itu untuk membuat balapan akhir pekan lalu berjalan dengan baik. Kehilangan seorang pebalap bukanlah hal yang mudah bagi pebalap yang lain. Meskipun terdapat rivalitas pada sirkuit, namun mereka masih merasa sebagai keluarga.

Danilo Petrucci dari Tech3 KTM, menyampaikan hal yang sama seperti rekan satu negaranya itu. Dia merasa bahwa harus menghormati pebalap muda itu. Petrucci tak melihat pebalap asal Swiss itu sebagai pebalap muda minim pengalaman. Namun sebagai sesama pebalap yang memacu sepeda motornya di sirkuit yang sama.

Petrucci melanjutkan beberapa menit setelah kematian pebalap Moto3 itu diumumkan, pebalap-pebalap itu sudah memakai baju balapnya dan siap untuk berlaga. Dapat dibayangkan, kata Petrucci, mereka membalap dengan melewati titik dimana Dupasquire mengalami kecelakaan. Dia tak membayangkan bagaimana perasaan keluarga dan sahabat-sahabatnya. Petrucci merasa tidak nyaman pada balapan hari itu.

Baca Juga:

Balapan Berbahaya itu Bernama Isle of Man TT

pebalap
Francesco Bagnaia yang merasa sebaiknya balapan ditangguhkan. (Foto: MotoGP)

Sementara Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) mengerti perasaan semua pebalap yang ada di Mugello saat itu. Namun baginya diselenggarakan atu tidak diselenggarakan balapan saat itu tidak mengubah apapun. Yang terpenting adalah tetap menunjukan keindahan dari olahraga ini.

Morbidelli juga memahami bahwa seolah ada beban berat pada semua pebalap mengawali balapan di garis start dengan berita itu. Dia menekankan bahwa itu adalh kehidupan, semuanya adalah mengenai keseimbangan. Semua harus dilakukan dengan baik dan benar, kata pebalap Italia itu.

Aleix Espargaro dari Aprilia Racing Team Gresini berusaha untuk memblok perasaan duka itu selama membalap. Yang dia mengerti bahwa dia merasakan kesedihan yang mendalam. Hal seperti ini menjadi bagian dari keseruan olahraga ini.

Baca Juga:

Davide Brivio ke tim F1 Alpine, Suzuki Merana

pebalap
Dupasquire adalah pebalap kelima yang mengalami kecelakaan fatal sejak tahun 2003. (Foto: MotoGP)

Pebalap Spanyol itu melanjutkan bahwa mungkin ada beberapa pebalap yang hanya merasakan sedikit kesedihan, namun bukan berarti mereka bukan orang baik. Tapi bagi Espargaro, hal seperti itu sangat mempengaruhi baginya, apalagi Pol Espargaro, sekandungnya juga membalap di sirkuit yang sama. Dia melihat manusia adalah mahluk yang hebat. Seketika setelah lampu merah padam, mereka sudah berada dalam mode balapan selama 40 menit ke depan.

Miller yang merasa balapan harus ditangguhkan, namun dia mengatakan bahwa Dupasquire menginginkan balapan ini tetap berlangsung. Balapan adalah yang disukai oleh putra dari mantan pebalap motocross, Phillipe Dupasquier.

Pebalap senior Valentino Rossi dengan bijak melihat semuanya bagian dari dunia balapan yang indah. Rossi mengungkapkan bila melihat kecelakaan itu, ada pertanyaan di kepala para pebalap, ‘apa yang membuat kami balapan?’. Namun tidak masuk akal bila mereka tidak melakukan balapan. Dia mengungkapkan apa yang mereka lakukan pada hari balapan tidak akan mengubah kecelakaan yang dialami Dupasquire. Fabio Quartararo dari Monster Energy Yamaha MotoGP, mempersembahkan juara 1nya di Mugello pada pebalap muda itu

Baca Juga:

Perjuangan Marc Marquez Belum Habis

pebalap
Gabri Quartararo yang mempersembahkan kemenangannya untuk Dupasquier. (Foto: MotoGP)

Kecelakaan fatal yang dialami oleh Dupasquier merupakan kali kelima dalam perhelatan ini sejak tahun 2003. Dalam rentang tahun itu terdapat beberapa pebalap kehilangan nyawanya, seperti Daijiro Kato, Marco Simoncelli, Shoya Tomizawa dan Luis Salom.

Kematian Kato dan Salom akibat menabrak pembatas, sementara Simoncelli, Tomizawa dan Dupasquire berada di lajur pebalap lain. Hal yang sulit dihindari bila terjatuh di trek adalah adanya pebalap lain di belakang. Sangat sulit memperlambat sepeda motor yang berkecepatan dan tidak menghantam pebalap yang terjatuh di lajur balapan.

Rossi mengatakan, apalagi pada Moto3, semua pebalap berada dalam kerumunan yang rapat. Kecepatan tinggi dan usaha untuk melewati pebalap di depannya membuat eror dapat terjadi bila pebalap tak fokus penuh. Ini juga terjadi bila ada pebalap yang terjatuh dan dapat dihantam oleh pebalap di belakangnya. (psr)

Baca Juga:

MotoGP, Olahraga Mahal Hingga Miliaran Rupiah

Penulis : P Suryo R P Suryo R
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Di Ambang Kehancuran, Deretan Idola Grup Korea Ini Mampu Ubah Nasib
ShowBiz
Di Ambang Kehancuran, Deretan Idola Grup Korea Ini Mampu Ubah Nasib

Berikut artis K-Pop yang mampu mengatasi tantangan mereka dan menjadi sangat sukses pada akhirnya.

Pesohor Korea Selatan Peduli Sesama
Fun
Pesohor Korea Selatan Peduli Sesama

Di tengah ketenaran, mereka tetap ingat terhadap orang yang membutuhkan.

Tutup Tur Perpisahan, Kiss Pilih Tempat Terdingin di Bumi
ShowBiz
Tutup Tur Perpisahan, Kiss Pilih Tempat Terdingin di Bumi

Kiss mengungkapkan masih memiliki 150 pertunjukan lagi.

Tiga Platform Nobar di Rumah Masing-Masing
Fun
Tiga Platform Nobar di Rumah Masing-Masing

Tiga aplikasi atau situs web ini merupakan penyedia jasa room untuk nonton bareng. Apa saja itu?

Seberapa Penting Menjalin Kerja Sama Bisnis dengan Influencer?
Fun
Seberapa Penting Menjalin Kerja Sama Bisnis dengan Influencer?

Seberapa efektif melakukan kerja sama dengan influencer media sosial.

4 Iklan dan Trailer Terbaik Pada Super Bowl 2021
Fun
4 Iklan dan Trailer Terbaik Pada Super Bowl 2021

pandemi tidak mengurangi kemeriahan segelintir iklan yang ditayangkan pada Super Bowl 2021. berikut empat Iklan dan trailer terbaik

Viral, Es Krim Rasa Indomie Goreng
Fun
Viral, Es Krim Rasa Indomie Goreng

Pemilik Holi Ice Cream terispirasi karena cintanya pada Indomie dan kebiasaan makan es krimnya sebagai hidangan penutup.

Kidung Awan Kelabu Persembahan Indische Party di ‘Duka Akhir Kemarau’
ShowBiz
Kidung Awan Kelabu Persembahan Indische Party di ‘Duka Akhir Kemarau’

Single pertama dari Indische Party yang lahir di era pandemi.

Menu Terlaris di Masa Pandemi hingga Prediksi Kuliner di 2021
Fun
Menu Terlaris di Masa Pandemi hingga Prediksi Kuliner di 2021

Bisa jadi referensi untuk membuka usaha di 2021.

93% Orang Indonesia Belanja Online Selama Ramadan
Fun
93% Orang Indonesia Belanja Online Selama Ramadan

Bulan ramadan menjadi waktu favorit untuk belanja online.