MotoGP 2023 Berakhir, Pecco Tersenyum, Marquez Galau

P Suryo RP Suryo R - Senin, 27 November 2023
MotoGP 2023 Berakhir, Pecco Tersenyum, Marquez Galau
Francesco Bagnaia yang jadi juara dunia MotoGP untuk keuda kalinya. (ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A)

MOTOGP musim 2023 berakhir dengan menempatkan Fransesco Bagnia sebagai jawaranya. Sementara Marc 'Baby Alien' Marquez harus menelan pil pahit.

Akhir musim balapan ini bagi Marquez adalah kekecewaan. Bersama tim pabrikan Honda, dia tak menjejakkan kaki pada podium di balapan utama GP Valencia, Minggu (26/11). Dia harus berhenti balapan karena terlibat senggolan dengan Jorge Martin dari tim Prima Pramac.

Baca Juga:

Begini Spesifikasi Motor MotoGP, Bisa Tembus 350 km/jam

motogp
Pembalap Prima Pramac Racing Jorge Martin. (Foto: MotoGP)

“Sayangnya, kami tidak menyelesaikan balapan (Valencia), saya merasa sangat kuat saat itu, dan sejujurnya menurut saya podium adalah hal yang mungkin dilakukan atau bahkan mungkin lebih (finis P1),” kata Marquez, dikutip dari keterangan resmi HRC, Senin (27/11) sebagaimana dilansir dari Antaranews.

Dia mengakui bahwa balapan di Valencia menguras emosinya. Dia mengatakan bahwa pada beberapa titik sulit untuk menahan perasaan tersebut.

Selama kariernya 11 tahun di HRC pada balapan MotoGP, Marquez mengoleksi enam gelar juara dunia, lima triple crown, 59 kemenangan, 101 podium, 64 pole, 59 catatan lap tercepat, dan 2.626 poin.

Ia mengakhiri tahap perjalanannya bersama HRC sebagai pembalap Honda tersukses dalam hal kemenangan di kelas premier. Marquez juga dinilai meninggalkan sederet prestasi dan rekor yang tidak akan mudah dilampaui.

Balapan di Valencia ini merupakan balapan terakhirnya dengan tim pabrikan Honda. Selama bertahun-tahun dia menikmati dominasi di lintasan balapan manapun. Termasuk pula masa-masa sulit bersama Honda terutama ketika ia mengalami cedera fatal pada 2020 dan sangat memengaruhi performanya kemudian.

Valencia adalah sirkut penting bagi karier Marquez. Disinilah dia pertama kali berkiprah di dunia MotoGP di tahun 2013. Valencia pun kemudian menjadi sirkuti terakhir kariernya bersama Honda.

“Hal terpenting hari ini adalah mengingat semua momen luar biasa yang saya alami bersama HRC dan Tim Repsol Honda. Mereka akan selalu menjadi tim dalam hidup saya,” kata Marquez.

Untuk musim balapan tahun 2024, Marquez akan membalap dengan tim satelit Ducati, Gresini Racing. Dia akan menunggangi sepeda motor Ducati pada di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar, pada 8-11 Maret 2024.

Dilain sisi pembalap Ducati Lenovo Francesco Bagnaia tersenyum lebar karena dapat mempertahankan predikat juara dunia MotoGP yang menjadi kali keduanya. Meskipun dia sendiri tidak yakin mampu mempertahankannya pada musim 2023 ini.

Baca Juga:

Ini Biaya yang Dikeluarkan MotoGP Selama Satu Musim

motogp
Jorge Martin berkejaran dengan Francesco Bagnaia. (MotoGP)

“Saya sangat senang. Saya sempat berpikir bahwa ini adalah hal yang mustahil sehingga dengan kami memenangkan balapan ini, terasa sangat luar biasa,” kata Bagnaia, dikutip dari keterangan resmi Ducati Corse, Senin (27/11) melalui Antaranews.

Sepanjang musim 2023 tekanan terbesar datang dari Jorge Martin (Prima Pramac) yang agresif dan kompetitif untuk mendapatkan poin melampaui dirinya. Bahkan sebelum Martin terjatuh, Bagnaia masih diliputi kecemasan dapat terlampaui rival terdekatnya itu.

“Saya berusaha untuk tidak melihat apa pun di belakang saya, saya berpikir Jorge masih ada di dalam balapan dan saya cukup takut akan hal itu. Yang saya pikirkan saat itu adalah bagaimana memenangkan balapan karena itu adalah cara terbaik untuk menutup musim,” ungkap pembalap asal Italia itu.

Sementara rekan satu timnya Bagnaia, Enea Bastianini memujinya yang mempertahankan gelar untuk musim balapan tahun ini

“Pertarungan bagus antara Pecco dan Jorge berebut gelar. Karena Pecco tetap tenang, Jorge sedikit lebih stres dan membuat dua kesalahan. Jadi saya senang pada rekan setim saya dan berharap bisa bertarung bersamanya tahun depan,” kata Bastianini.

Kemenangan Bagnaia sangat membanggakan Manajer Ducati Corse Luigi Dall’igna. Karena Ducati mampu mendominasi balapan di tiga kelas balap musim ini, yaitu MotoGP, World Superbike (Alvaro Bautista), dan World Supersport (Nicolo Bulega).

Sementara itu, MotoGP musim 2024 akan dimulai di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar, pada 8-11 Maret 2024. Putaran Indonesia bakal berlangsung pada 27-29 September 2024 di Sirkuit Internasional Mandalika. (*)

Baca Juga:

Berbagai Produk Indonesia jadi Sponsor Tim MotoGP

#Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan