Motif Simpatisan FPI Ancam Penggal Kepala Polisi

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 14 Desember 2020
Motif Simpatisan FPI Ancam Penggal Kepala Polisi
Polda Metro Jaya menangkap pria berinisial DB yang mengancam akan penggal kepala polisi jika pimpinan Front Pembela Islam, Habib Rizieq Shihab ditangkap. Foto: MP/Kanu

MerahPutih.com - Polda Metro Jaya membeberkan motif pria berinisial DB yang membuat video berisikan pengancam memenggal kepala polisi jika Rizieq Shihab ditangkap.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus mengungkapkan, motif tersangka karena dia merupakan penggemar Rizieq Shihab

Baca Juga

Polda Metro Tangkap Simpatisan FPI Ancam Penggal Kepala Polisi

“Motifnya ngefans katanya,” kata Yusri dalam konferensi pers di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (14/12)

Meski begitu, Yusri menyebut penyidik masih mendalami pengakuan dari tersangka. Proses pemeriksaan terkait motif itu pun masih dilakukan oleh pihaknya.

Polisi juga mendalami terkait sosok tersangka yang merupakan simpatisan Front Pembela Islam (FPI) karena berani mengancam pihak kepolisian.

"Saat kita periksa yang keluar dari mulut yang bersangkutan adalah saya khilaf, saya minta maaf tetapi kita masih proses sesuai aturan UU,” ucapnya.

Polda Metro Jaya menangkap pria berinisial DB yang mengancam akan penggal kepala polisi jika pimpinan Front Pembela Islam, Habib Rizieq Shihab ditangkap. Foto: MP/Kanu



Tersangka dikenakan pasal 28 ayat (2) jo pasal 45 A ayat (2) dan atau pasal 27 ayat (4) jo pasal 45 ayat (4) undang-undang nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang ITE dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara.

Sebelumnya, sebuah video viral yang memperlihatkan seorang pria berpeci yang mengancam akan memenggal kepala polisi lantaran telah menangkap pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab.

Dari rekaman video yang beredar di akun @cak_sys, pria yang mengaku bernama Muhammad Umar tersebut mengenakan pakaian hitam dan peci berwarna putih itu mengancam akan memenggal kepala polisi.

“Assalamualaikum Warohmatullahi wabarokatuh, saya Muhammad Umar jikalau Habib Rizieq kena tangkap, polisi akan berhadapan dengan saya, polisi akan berhadapan dengan saya dan saya akan penggal palanya polisi ingat itu,” ucapnya.

Tak lama berselang, beredar sebuah video lain yang mengatakan bahwa pria tersebut telah diamankan oleh aparat kepolisian. Informasi itu disebarkan melalui unggah video dari akun twitter@Rizmaya__.

“Satu Lagi Biang Kerok Ditangkap Polisi. Terima Kasih @DivHumas_Polri Basmi Kovid Musnahkan FPI #NegaraDamaiTanpaFPI,” tulis akun @Rizmaya__(Knu)

Baca Juga

Setelah Diancam Bakal Ditangkap, Ketua Umum FPI dan Panglima Laskar Serahkan Diri

#Polda Metro Jaya #Front Pembela Islam
Bagikan
Bagikan