Kesehatan
Motherhope Indonesia, Lampaui Tantangan Bantu Ibu Muda Menyintas Baby Blues Motherhope Indonesia bantu para ibu melalui baby blues. (foto: Instagram @mothehopeindonesia)

PARA ibu muda yang sedang mempersiapkan kelahiran atau baru saja melahirkan kerap dihinggapi kecemasan yang berakhir pada depresi. Hormon yang tidak stabil, ketakutan, hingga stigma yang beredar membuat mereka mengalami baby blues dan post partum depression.

Namun, kini mereka tidak perlu lagi menghadapi hal tersebut sendirian. Ada Motherhope yang siap mendengarkan dan mengedukasi setiap saat. Sejak Motherhope didirikan Nur Yana Yirah pada 1 Februari 2015, ribuan orang dari 101 kota di Indonesia telah dijangkau Motherhope Indonesia.

BACA JUGA:

Dari Baby Blues sampai Depresi, Beratnya Jadi Ibu

"Rata-rata yang kami jangkau usia 25 hingga 34 tahun," ungkap pendiri Motherhope Nur Yana Yirah. Lebih lanjut Yana mengatakan yang teredukasi oleh Motherhope Indonesia mayoritas perempuan. Sebanyak 94% ialah perempuan, sisa 6% ialah laki-laki.

Kendati jadi pahlawan bagi ibu muda, perjalanan Motherhope tidak selalu mudah. Jalanan terjal dan penuh liku harus mereka hadapi.

Tantangan pertama yakni kurangnya edukasi pada ibu muda yang sedang hamil atau baru melahirkan. "Ibu muda yang baru saja menjalani kehamilan pertama tidak tahu apa-apa tentang baby blues dan post partum depression. Begitu pula dengan ayahnya," ujar Koordinator Motherhope Regional Jakarta, Ariny, dalam acara Accelerator Community Lebih Dekat dengan Ibu yang digelar daring, Rabu (2/12).

motherhope indonesia
Motherhope berusaha menjangkau ibu muda untuk edukasi. (foto: istimewa)

Ketika para ibu muda melakukan kontrol kandungan ditemani suaminya, kesempatan itu harusnya dimanfaatkan. "Ayah penting untuk tahu apa itu post partum depression dan baby blues. Supaya bisa mendampingi ibu secara mental," jelas Ariny.

Edukasi tentang post partum depression tidak hanya dilakukan para bidan saat ibu kontrol kandungan. Para bidan juga mengedukasi tentang baby blues setelah pijat bayi atau pijat ibu post partum. Ada pula yang memanfaatkan kelas yoga untuk menginfokan baby blues.

Permasalahan kedua yakni keterbatasan teknologi. Tidak semua orang punya nomor telepon. Mereka yang punya nomor telepon bahkan tidak semuanya punya aplikasi Whatsapp. Belum lagi adanya kendala susah sinyal. Untuk itu, para relawan Motherhope bekerja sama dengan ibu kader. Mereka meyakini tokoh masyarakatlah yang mampu merangkul warga dan melalukan edukasi secara efektif.

Permasalahan lain yang paling sering terjadi di masyarakat yakni ketika ilmu pengetahuan berbenturan dengan stigma yang telanjur melekat di masyarakat.

motherhope indonesia
Kunjungan rumah jadi sarana edukasi. (foto: istimewa)

Misalnya yang terjadi di Jawa Barat. Alih-alih tersentuh oleh wawasan terkait dengan kesehatan mental, para ibu muda justru masih terpapar mitos-mitos. Hal serupa juga terjadi di Bali dan daerah lainnya. Di tengah masyarakat perdesaan Bali muncul stigma bahwa perempuan harus selalu kuat. Padahal, lemah fisik dan mental pascamelahirkan merupakan hal alami. Akibatnya, banyak ibu muda yang ragu dan malu.

Bukan hanya melekatnya stigma di masyarakat adat, wilayah Bali juga cukup sulit mendapat intervensi dari orang asing. "Mereka tidak mau terbuka dengan orang di luar warga Bali," ujar Koordinator Motherhope regional Bali, dr Prahesti Utami. Hesti mengaku melibatkan warga asli, misalnya bidan asli Bali, untuk mengedukasi para ibu muda.

Meski terus dihadang berbagai cobaan dan hambatan, Yana dan relawan Motherhope Indonesia tetap berusaha menemukan jalan demi terus mendampingi ibu muda agar bisa survive dari baby blues.(Avia)

BACA JUGA:

Didesain Khusus, Pakaian ini Mudahkan Difabel

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Pertama, Bandara Internasional Dubai Gunakan Jasa Anjing Pelacak Virus Corona
Travel
Mudah ngantuk? Waspada Beragam Penyakit Mengintaimu!
Fun
Mudah ngantuk? Waspada Beragam Penyakit Mengintaimu!

Mudah ngantuk pertanda kamu mengidap suatu penyakit.

NASA Buka Lowongan Astronot untuk Pergi ke Bulan, Ini Persyaratannya
Fun
NASA Buka Lowongan Astronot untuk Pergi ke Bulan, Ini Persyaratannya

Badan Perbangan dan Antariksa Amerika Serikat, NASA, tengah bersiap-siap untuk menyeleksi generasi astronot yang baru.

 Bau Ruangan Tak Sedap? Coba Pakai Parfum Model "Reed Diffuser"
Fun
Bau Ruangan Tak Sedap? Coba Pakai Parfum Model "Reed Diffuser"

Reed diffuser adalah botol yang diisi dengan wewangian pilihanmu.

Hobi Belajar, Pria Asal Indonesia Ini Punya 32 Gelar
Fun
Hobi Belajar, Pria Asal Indonesia Ini Punya 32 Gelar

Pria Indonesia ini memiliki 11 gelar sarjana, tiga gelar Master dan 18 sertifikasi profesional.

Tanpa 'Queendom' dan 'Secret Garden', Oh My Girl Hampir Bubar
ShowBiz
Tanpa 'Queendom' dan 'Secret Garden', Oh My Girl Hampir Bubar

Oh My Girl merupakan grup idola perempuan dibawah naungan WM Entertainment.

Tanpa Makeup Bold, Wajah Natural Pesohor ini Tak Dikenali
ShowBiz
Tanpa Makeup Bold, Wajah Natural Pesohor ini Tak Dikenali

Wajah natural seleb-seleb ini tak pernah dikenali orang.

Sisi Kelam di Balik Kehidupan Urban Korea Selatan dalam Film Parasite
ShowBiz
Sisi Kelam di Balik Kehidupan Urban Korea Selatan dalam Film Parasite

Kita selalu memandang Korea Selatan sebagai negara maju di benua Asia.