Musik

Moranbong Siap Melibas Girlband Korsel

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 17 Januari 2018
Moranbong Siap Melibas Girlband Korsel
Moranbong, girlband lengkap. (Foto: The Times)

BILA Korea Selatan dipenuhi dengan girlband, yang tentunya cantik, Korea Utara pun tak ketinggalan. Mereka memiliki girlband bernama Moranbong yang konon dibentuk oleh Kim Jong Un sendiri di tahun 2012.

Band yang berisikan semua perempuan ini merupakan band kombo. Dalam artian band besar yang lengkap dengan berbagai instrumen, mulai dari string, perkusi hingga brass. Pun dengan penyanyi yang memiliki suara bagus model seriosa.

(Foto: journal-neo)

Kemampuan musikalitas mereka sangat baik, malahan cenderung luar biasa bila dibandingkan dengan girlband asal negara saudaranya. Mungkin karena Moranbong ini hidup dalam lingkungan serba ketat. Konon kabarnya para anggotanya memiliki pangkat kemiliteran.

Sebagai band yang lahir dalam negara besi pastinya yang dibawakan melulu tentang lirik-lirik penuh propaganda dan kebaikan negeri serta pemimpinnya. Jangan salah ternyata mereka dengan baik membawakan lagu tema dalam film Rocky dan lagu milik Frank Sinatra, My Way. Sebuah hal yang tak umum pada grup yang lahir di Korea Utara.

Mereka ini bukan sekedar girlband, melainkan sebagai bentuk diplomasi dari Korut. Mereka pun seperti band lainnya juga membuat konser ke negara tetangga yang tentunya sepaham. Namun konsernya ke Tiongkok sempat dibatalkan, karena Tiongkok menganggap lirik-liriknya terlalu anti Amerika. Dikhawatirkan akan membuat panas hubungan Tiongkok-Amerika.

Time menuliskan konser gagal di tahun 2015 itu sempat menenggelamkan Moranbong. Baru pada Februari 2016 kembali muncul ke permukaan. Konser mereka di dalam negeri untuk menunjang tes misil yang dilakukan Korut.

(Foto: soompi)

Ada spekulasi yang berkembang bahwa Moranbong bisa hadir pada PyeongChang Winter Games. Ini melihat bahwa mantan pemimpin band ini, Hyon Song Wol, dipromosikan masuk pada Komite Sentral pada bulan Oktober tahun lalu. Bahkan Song Wol terlihat dalam delegasi antar Korea pada awal minggu ini. Gosip ada yang mengatakan bahwa Song Wol pernah terlibat asmara dengan Jong Un.

Namun menurut the Guardian, ada masalah mendasar bila Moranbong tampil. Sebab materi-materi lagu yang dibawakan terlalu Korea Utara.

Anggota Moranbong tidak pasti, sebagian mengatakan ada 10 orang, pun ada yang menyebut 20 orang. Pergantian dalam band ini sangat sering. Yang jelas semua anggotanya merupakan perwira dalam kemiliteran Korea Utara. Seperti Hyon Song Wol adalah seorang kolonel dalam militer Korea Utara. Semua anggota Moranbong harus menjalani diet ketat sesuai dengan standar pinggang yang sudah ditentukan. (psr)

#Moranbong
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan