Monas Siap Manjakan Warga Jakarta yang Tak Mudik ke Kampung Halaman Warga mengunjungi kawasan Monumen Nasional (Monas) di Jakarta, Kamis (10/5). Sejumlah warga memanfaatkan hari libur Kenaikan Isa Almasih dengan berlibur di Monas (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

MerahPutih.com - Warga Jakarta yang tak mudik tidak perlu khawatir dalam mengisi hari raya idul fitri. Pasalnya wisata di Ibu Kota akan menyuguhkan hiburan murah meriah berkonsep keluarga bagi Warga Jakarta yang tak mudik. Salah satunya adalah Monumen Nasional (Monas) yang terletak di Gambir, Jakarta Pusat. Monumen setinggi 132 meter atau 433 kaki akan menghadirkan wisata air mancur menari pada libur lebaran nanti.

Air mancur menari yang diiringi oleh lagu khas Indonesia ini hanya dibuka pada Sabtu dan Minggu malam. Dibagi menjadi dua sesi, yakni pukul 19.30 dan 20.30 WIB. Wisata ini gratis alias tidak dipungut biaya.

"Museum yang ada diorama (Sejarah Indonesia), ruang proklamasi , tugu cawan, tugu puncak dan area kawasan monas. Semua ini kita akan suguhkan kepada pengunjung saat libur lebaran," Kepala UPT Monas, Mundjirin kepada Merahputih.com, Selasa (5/6).

Untuk cawan Monas terdapat Ruang Kemerdekaan. Dahulu di sini pengunjung dapat melihat Sang Saka Merah Putih, bendera asli yang dikibarkan pada 17 Agustus 1945. Namun bendera tersebut kini tidak dipamerkan lagi karena sudah terlalu tua. Di ruangan ini juga pengunjung dapat mendengarkan suara Presiden RI pertama, Sukarno membacakan teks proklamasi.

Pengunjung beraktivitas di Monas, Jakarta (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Kemudian, untuk naik wisata puncak tugu Monas pengunjung akan dikenakan tarif tambahan, sekitar Rp 10.000.

Pihaknya juga menggandeng Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat guna memberi pelayanan kesehatan maksimal kepada pengunjung Monas bila nantinya ada wisatawan yang kelelahan atau mengalami penyakit saat liburan.

"Untuk mobil ambulance dan tenaga medis akan memberi pelayanan kepada pengunjung di Monas," tuturnya.

Tak hanya Dinas Kesehatan, pengelolah Monas juga bekerja sama dengan Bank DKI. Hal ini guna memudahkan pengunjung untuk mengambil duit saat berlibur di Monas agar pengunjung tak perlu jauh-jauh ambil duit sampai keluar Monas.

"Dengan Bank DKI untuk tambahan mesin mesin electronic data capture (EDC) dan tenaganya," tutupnya. (Asp)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH