Mon Soleil Naik Kelas Menjuarai Kompetisi Inovasi Kecantikan Internasional

Yudi Anugrah NugrohoYudi Anugrah Nugroho - Selasa, 05 Juli 2022
Mon Soleil Naik Kelas Menjuarai Kompetisi Inovasi Kecantikan Internasional
Mon Soleil raih Loreal Brandstorm 2022. (Foto: Loreal)

KOMPETISI inovasi kecantikan berskala internasional L’Oréal Brandstorm 2022 berlangsung sengit di babak final kategori Tech Track. Tim asal Indonesia, Mon Soleil, beradu kepiawaian dengan seteru asal Amerika Serikat dan Italia. Mereka saling unjuk kebolehan dalam bidang sains, teknologi, teknik dan matematika (science, technology, engineering and mathematics/STEM).

Mon Soleil datang dengan kekuatan tiga perempuan muda nan semuanya merupakan mahasiswi Institut Teknologi Bandung (ITB). Mereka, antara lain Angela Thrisananda Kusuma, mahasiswi School of Business Management ITB, Salma Yasyifa mahasiswi Fakultas Sains dan Teknologi Farmasi di Sekolah Farmasi ITB; dan Yumna Dzakiyyah mahasiswi Teknik Elektro di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB.

Dengan latar belakang keilmuan beragam, Mon Soleil mengusung inovasi HyperSync dengan menggunakan teknologi menghubungkan hormon dengan serum untuk kebutuhan kulit. Ternyata inovasi HyperSync beroleh posisi tertinggi. Mon Soleil berhasil merebut juara pertama mengalahkan pesaingnya dari negara nan tersohor dengan kemajuan teknologi kecantikan.

“Kami bangga bisa mewakili dan mengharumkan nama Indonesia melalui L’Oréal Brandstorm 2022. Mendapat kesempatan untuk mengusung gagasan kami ke kancah Internasional merupakan sebuah pencapaian sangat kami syukuri," kata salah satu anggota Mon Soleil Angela Thrisananda Kusuma seturut keterangan resmi nan diterima Merahputih.com.

Baca juga:

Ada Sarah Chapman di Balik Kulit Bercahaya Meghan Markle

Mon Soleil
Tiga dara Mon Soleil sedang memaparkan inovasinya. (Foto: Loreal)

Meskipun persaingan kompetisi tersebut tak mudah dan diuji juri-juri internasional, lanjut Angela, kami bisa sampai sejauh ini berkat dukungan mentor hebat dari dosen ITB dan tim dari L'Oréal. "Semoga inovasi kami, HyperSync, bisa memberikan manfaat nyata bagi masa depan industri kecantikan,” papar Angela.

Pihak L’Oréal Brandstorm pada gelaran tahun ini dengan menaja tema “Disrupt Beauty 2030”, berharap dapat melahirkan serangkaian inovasi sebagai solusi masa depan terutama pada permasalahan sosial nan acap dihadapi masyarakat dalam dunia kecantikan.

Ajang tersebut mendapat antusiasme besar dari generasi muda Indonesia, terbukti dari jumlah peserta tingkat nasional di Indonesia melebihi angka 1.500 dan lebih dari 83.000 peserta secara global. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, L’Oréal Brandstorm 2022 terbuka bagi seluruh bidang studi dan menerima peserta dengan batas usia hingga 30 tahun.

Selain itu, mulai tahun ini juga ada tiga kategori dipertandingkan, meliputi Inclusion Track atau mengemukakan produk dan jasa untuk mendukung inklusivitas di dunia kecantikan, Green Track atau menciptakan sebuah solusi berkelanjutan bagi dunia kecantikan, dan Tech Track atau merevolusi dunia kecantikan dengan bantuan teknologi. Pada final internasional kali ini mempertandingkan 3 tim dari 3 negara pada masing-masing track, dengan total 9 tim dari 9 negara.

Baca juga:

Pakai Lip Primers agar Ketahanan Lipstik Naik Kelas

Mon Soleil
Mon Soleil memenangkan Loreal Brandstorm 2022. (Foto: Loreal)

Indonesian pride! L’Oréal Indonesia sangat bangga dengan prestasi diukir tim Mon Soleil dari Indonesia di ajang Brandstorm tingkat internasional tahun ini," kata President Director L’Oréal Indonesia Umesh Phadke.

Raihan Mon Soleil, lanjut Phadke, menjadi kemenangan kedua dari perwakilan Indonesia setelah pada tahun 2019 juga berhasil menang di tingkat internasional. "Kita kembali membuktikan talenta muda Indonesia bisa bersaing di level dunia dan inovasi dihasilkan talenta-talenta terbaik Indonesia ini dapat mendorong transisi menuju masa depan lebih baik dari aspek sosial, teknologi, maupun lingkungan,” kata Phadke.

Selain Mon Soleil, Indonesia juga mengirimkan wakil di kategori Inclusion dari tim Stealth Squad asal ITB dengan inovasinya SunQuare terkait sinar UV untuk orang-orang dengan kulit sensitif terhadap matahari seperti pengidap albino dan vitiligo. Sementara untuk kategori Green, Indonesia diwakili tim Musaceae dari Indonesia International Institute for Life-Sciences (i3L) dengan inovasi menggunakan Banana Pseudostem dalam memberikan alternatif baru untuk kertas minyak terbuat dari selulosa.

Ketiga tim mendapatkan pelatihan dan pendampingan para ahli dari L’Oréal di bidangnya untuk menghadapi tahap semifinal internasional pada bulan Mei 2022 dan akhirnya Mon Soleil berhasil masuk sebagai perwakilan Indonesia di final internasional lalu memenangkannya pada 1 Juli 2022.

Sejak diadakan kali pertama secara internasional pada tahun 1992, dan di Indonesia pada tahun 2009, L’Oréal Brandstorm telah berkembang menjadi kompetisi internasional bergengsi bagi mahasiswa di seluruh dunia.

Mon Soleil
Mon Soleil tiga dara asal ITB. (Foto: Loreal)

Secara global, kompetisi ini telah diikuti 600.000 peserta dari 65 negara sejak 1992 dan sudah ada lebih dari 8.500 peserta dari Indonesia mengikuti kompetisi Brandstorm sejak tahun 2009 hingga 2022. Tim Indonesia berhasil keluar sebagai pemenang level global pada tahun 2019 dan 2022.

L’Oréal Brandstorm tidak hanya menjadi ajang untuk menemukan talenta terbaik di Indonesia, tetapi juga untuk membantu mereka mengasah potensi dan memberikan kesempatan untuk membawa perubahan pada dunia. “Sejak awal diadakan di Indonesia, kami secara konsisten menjalankan program ini untuk menemukan talenta-talenta berprestasi, para calon pemimpin di masa depan dengan berbagai latar belakang keahlian,” jelas Chief Human Resources Officer L’Oréal Indonesia Yenita Oktora.

Pihaknya berharap kompetisi L’Oréal Brandstorm dapat terus menjadi wadah bagi para talenta terbaik di dunia, termasuk Indonesia, untuk dapat terus berinovasi dan maju membawa perubahan lebih baik sekaligus menjawab berbagai tantangan dunia di masa sekarang dan masa depan. (*)

Baca juga:

Sapuan Maskara Sky High Waterproof Bangkitkan Rasa Percaya Diri

#Tren Fesyen #Fashion #Juli Warga +62 Naik Kelas
Bagikan
Bagikan