Finansial
Mompreneurs Hub Bantu Ketahanan Finansial bagi Ibu Tunggal Harapannya program ini bisa membantu para ibu tunggal untuk memeroleh kehidupan finansial yang stabil ke depannya. (Foto: Nestlé Indonesia)

SEORANG perempuan yang menjadi ibu tunggal harus menahan beban berat di kedua bahunya sekaligus. Sebab, perempuan ini menjalani peran ganda setiap harinya.

Pertama, sebagai kepala keluarga yang mencari nafkah. Kedua, sebagai ibu yang selalu hadir bagi anaknya.

Peran ganda ini membuat ibu tunggal harus mampu memastikan perkembangan anaknya sekaligus menjaga finansial rumah tangga agar tetap stabil. Menyadari usaha dan ketangguhan ini, sebuah program bernama Mompreneurs Hub pun dibangun.

Berdasarkan rilis yang diterima oleh Merahputih.com pada Selasa (21/3), Mompreneurs Hub merupakan program yang dibentuk oleh Nestlé DANCOW FortiGro.

Jenama susu bubuk anak ini bekerja sama pula dengan Single Moms Indonesia (SMI), sebuah komunitas yang berfokus untuk memberdayakan ibu tunggal.

Mompreneurs Hub adalah program pendampingan bagi para ibu tunggal di Tanah Air. Program ini diisi oleh tiga topik utama pembekalan cara menjadi pengusaha nan mandiri. Ada topik tentang komunikasi persuasif, pemasaran digital, dan tata kelola keuangan dalam bisnis.

Baca juga:

Perjuangan Ibu Tunggal, Sang Jagoan Sepanjang Masa

ibu tunggal
Pelatihan dalam program ini akan diisi oleh pihak yang ahli di bidangnya masing-masing. (Foto: Nestlé Indonesia)

Program ini dibentuk dengan tujuan agar para ibu tunggal bisa punya skill bisnis masing-masing serta mampu mengelola keuangan rumah tangganya.

Harapannya, dengan ekonomi keluarga yang lebih stabil, seorang ibu tunggal bisa memenuhi kebutuhan buah hatinya. Mulai dari segi fisik, mental, dan finansial.

"Program kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi para mompreneurs untuk mencapai kemandirian ekonomi, ketahanan keluarga yang bermuara pada pencapaian kesetaraan gender," ungkap Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Bintang Puspayoga.

Mompreneurs Hub diawali dengan proses seleksi lebih dulu pada Februari 2023. Hasilnya, ada 260 peserta dari 18 provinsi yang lolos. Mulai dari Kota Banda Aceh sampai ke Kabupaten Sorong. Program ini pun dilanjutkan dengan seleksi dan pelatihan ketat berikutnya.

Mayoritas bisnis yang dijalani oleh para ibu tunggal ini bergerak di bidang makanan dan minuman, jasa layanan, aksesoris, dan fesyen. Selain itu, ada pula bisnis yang bergerak di bidang lingkungan seperti pengelolaan jenis limbah.

Akhirnya, terpilih sepuluh orang ibu tunggal yang nantinya akan menerima pendanaan tahap pertama dari program ini. Nama sepuluh ibu tunggal ini diumumkan dalam acara malam penghargaan Mompreneurs Hub.

Baca juga:

'Bersembunyi' 3 Tahun dari COVID-19 di Rumah, Ibu dan Anaknya Akhirnya Keluar

ibu tunggal
Pelatihan dan pendanaan ini menjadi bentuk dukungan bagi para ibu tunggal dari segi wirausaha. (Foto: Nestlé Indonesia)

"Semoga ilmu dan dukungan yang diterima memberikan nilai lebih di masa depannya dengan buah hati tercinta," tutur pendiri komunitas Single Moms Indonesia Maureen Hitipeuw.

Rasa syukur dan apresiasi ini juga turut disampaikan oleh para ibu tunggal yang berhasil menjadi pemenang terpilih. Arlinda Fety Roviana mewakili sepuluh besar Mompreneurs Hub menyampaikan usaha yang telah mereka lalui untuk bisa sampai di titik ini.

"Sebagai ibu tunggal, tentunya ada tantangan tersendiri yang terkadang terasa berat dijalani. Dari tantangan pribadi untuk bisa membagi waktu setiap harinya sampai ke faktor eksternal seperti tekanan dari sekitar misalnya perspektif yang cenderung negatif terhadap ibu tunggal," ungkapnya.

Namun, ia merasa senang karena dalam program ini, semua ibu tunggal bisa saling bertemu dan mendapatkan pelatihan bisnis. Ini juga menjadi motivasi dan semangat agar setiap ibu tunggal bisa terus berjuang bagi sang buah hati.

Program Mompreneurs Hub sendiri tergabung dalam kampanye #CintaBundaSempurna yang digaungkan oleh Nestlé DANCOW FortiGro.

Kampanye ini ingin merangkul seluruh ibu, terutama ibu tunggal, untuk bisa secara aktif hadir dan menemani tumbuh kembang anak-anak mereka. (mcl)

Baca juga:

Bidan Punya Peran Penting dalam Mencegah Penularan HIV dari Ibu ke Anak

Penulis : Marcella Marcella
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
'Killers of the Flower Moon' Digadang akan Catat Sejarah Baru di Oscar
ShowBiz
'Killers of the Flower Moon' Digadang akan Catat Sejarah Baru di Oscar

'Killers of the Flower Moon' karya Martin Scorsese tayang perdana di Festival Film Cannes, Sabtu (20/5) malam.

Gaya Rambut Ini Cocok untuk Para Lansia
Fun
Gaya Rambut Ini Cocok untuk Para Lansia

Semua orang dari segala usia memiliki hak dan kebebasan untuk berekspresi, begitu juga dengan melakukan styling pada rambut.

Gallaby Bakal Meriahkan Malam Tahun Baru 2023 di JHL Solitaire
Travel
Gallaby Bakal Meriahkan Malam Tahun Baru 2023 di JHL Solitaire

Tahun baru seru di JHL Solitaire bersama Gallaby.

Mengenal Majboos, Kuliner Nasional Qatar yang Wajib Dicoba
Fun
Animatronik Naga di Disneyland Terbakar saat Pertunjukan
Fun
Animatronik Naga di Disneyland Terbakar saat Pertunjukan

Api mulai menjalar setelah pertunjukkan berlangsung selama 30 menit.

Edukasi Risiko Kesehatan Produk Tembakau Alternatif Diperlukan
Fun
Edukasi Risiko Kesehatan Produk Tembakau Alternatif Diperlukan

Edukasi tentang produk tembakau alternatif diperlukan untuk masyarakat.

'BRISTOL : A Hidden Eden', Film Dokumenter tentang Satwa Liar di Kota Bristol
Fun
'BRISTOL : A Hidden Eden', Film Dokumenter tentang Satwa Liar di Kota Bristol

Bristol menjadi rumah aman bagi beberapa spesies satwa asli Inggris yang hidup berdampingan dengan warga Bristol.

Rilis Oktober 2022, Bayonetta 3 Hadirkan Banyak Fitur Menarik
Fun
Rilis Oktober 2022, Bayonetta 3 Hadirkan Banyak Fitur Menarik

Untuk kamu yang ingin 'main aman' pada gim penuh aksi garapan Platinum Games ini.

Snakehips Ajak BIA dan Lucky Daye dalam Single 'Solitude'
ShowBiz
Jeremy Renner Berjuang Lepas dari Trauma Kecelakaan Mengerikan
Fun
Jeremy Renner Berjuang Lepas dari Trauma Kecelakaan Mengerikan

Ia tidak akan membiarkan trauma menguasai dirinya.