Kesehatan

Mommyrexia, Sindrom Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Muchammad YaniMuchammad Yani - Kamis, 01 Maret 2018
Mommyrexia, Sindrom Berbahaya Bagi Ibu Hamil
Ilustrasi (Sumber: Pixabay)

PERNAH dengar dengan istilah Mommyrexia? Berdasarkan pengertiannya, Mommyrexia adalah gabungan kata mommy dan Anoreksia, yakni kelainan makan yang diderita oleh beberapa wanita atau lebih sederhananya takut menjadi gemuk saat hamil.

Di Indonesia sendiri istilah ini sangat jarang di dengar. Tapi di barat, Mommyrexia cukup populer bahkan menjadi hal yang ditakuti oleh para ibu-ibu.

Di tahun 2011, Victoria Beckham tampak sangat kurus walaupun sedang hamil. Para paparazi pun menyebut istri David Beckham tersebut terkena sindrom Mommyrexia.

Seperti yang ditulis Go-Dok.com, Mommyrexia ternyata sangat berbahaya bagi para ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Pasalnya, saat hamil seorang ibu memerlukan asupan nutrisi, protein, vitamin, dan karbohidrat yang sedikit lebih banyak dari biasanya.

Belum lagi seorang ibu hamil membutuhkan 300 kalori lebih banyak dari sebelumnya. Berarti jika ibu hamil mengandung anak kembar berarti dia memerlukan 600 kalori.

Hal lain yang harus dimengerti oleh ibu hamil adalah sangat wajar jika menjadi gemuk saat masa kehamilan. Jadi jangan khawatir selama masih dalam batas wajar.

Buat seorang wanita yang memiliki berat rata-rata maka harus menambah berat badan 12-15 kg. Sementara untuk wanita yang sebelum hamil memiliki berat di bawah rata-rata harus menambah berat sebanyak 13-18 kg. Dan untuk wanita yang memiliki berat badan di atas rata-rata maka harus menambah berat sekitar 7 – 11 kg. (*)

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan