Momen Paling Bikin Adrenalin Terpacu Saat Belajar Tatap Muka Hati dag di dug takut dipanggil guru (Sumber: SMPN 56 Surabaya)
RAGA masih di kelas, tetapi jiwa udah berkelana. Mulai mikir duit ceban jatoh dari kantong sampe membayangkan gebetan update status sama cowok barunya. Saat sedang mengawang, mendadak Bu Mawar guru Bahasa Perancis, di kelas memanggil namanya. "Randi coba jawab pertanyaan di papan tulis," perintahnya pelan tetapi tajam.
"Mati gue! Itu apaan? Mana gue paham," jerit batin Randi. Keringat dingin sebesar biji jagung meluncur dari dahinya, napas tiba-tiba kembang-kempis, dan mata berkunang-kunang. Situasi semakin buruk ketika seisi kelas menoleh padanya.
"Rasanya pengin ditelan bumi aja deh sekalian!".
Bukannya langsung maju, Randi justru mengedarkan seluruh pandangan ke seluruh penjuru kelas berharap bala bantuan datang. Adel teman biasa membantu pun cuma bisa menggeleng lemah. Randi menelan ludahnya. Pasrah. Dengan langkah gontai ia pun maju menuju papan tulis. Di samping papan tulis, Bu Mawar berdiri dengan santuy-nya sembari menyerahkan spidol kepadanya.
murid
Murid dipanggil ke depan (Sumber: Pexels/Rodnae Picture)
Randi menerima spidol itu dengan gerakan slow motion. Berharap tiba-tiba waktu terhenti. Sayangnya, itu cuma ada di imajinasinya. Pelan-pelan, ia menulis angka satu. Pelan banget macam lagi mengukir. Hapus. Tulis lagi. Bu Mawar enggak sabar pun langsung menyuruhnya kembali ke meja. "Udah sana balik!"
Peristiwa semacam itu pasti pernah kamu lihat, atau bahkan alami saat proses belajar mengajar di kelas. Saat lagi bengong di kelas tiba-tiba aja ditunjuk sama guru. Kok bisa guru di kelas dengan 'sakti'nya bisa mendeteksi murid enggak fokus dan 'skip' saat pelajarannya di antara puluhan lain.
Bahkan di sebuah sekolah terdapat rumor beredar tentang 'kesaktian' seorang guru dalam mencari murid enggak fokus. "Kalo pas pelajaran Pak Helmi di kelas kakinya jangan nginjak lantai. Doi bisa baca pikiran lu dan tahu lu lagi bengong kalo nginjak lantai!".
Alhasil murid-murid pun maksa taruh kakinya di kayu kecil penyangga kaki di kolong meja supaya enggak dibaca pikirannha. Namun, apakah legenda tersebut nyata adanya? Benarkah guru-guru bisa membaca pikiran anak muridnya seperti Roy Kiyoshi saat kaki anaknya menyentuh lantai?
Dwi Mawarni, seorang guru Bahasa Perancis di sebuah sekolah SMK Swasta di Jakarta memeberi kesaksian. Ia menjelaskan kenapa sih guru-guru mahir banget nebak siswa 'skip' pas lagi pelajaran di kelas? "Keliatan dari matanya. Mata dia kosong, keliatan enggak ngerti," tuturnya menjelaskan ciri-ciri murid enggak fokus saat belajar di kelas kepada Merahputih.com.
murid
Jangan sampe bu guru manggil nama gue! (Sumber: Pexels/Rodnae Picture)
"Namanya juga ngajar bahasa kan, pasti keliatan kok orang antusias sama enggak. Orang konsentrasi sama enggak," ujar perempuan pernah mengajar di Pusat Pelatihan Bahasa Asing tersebut. Ternyata, selain menyampaikan mata pelajaran, para guru juga memperhatikan anak didiknya satu persatu. Ditatap satu persatu. Mereka akan terus mencoba berinteraksi meskipun jumlah muridnya banyak.
Nah biasanya kalo dapat murid pas lagi enggak fokus, guru punya cara jitu agar muris kembali fokus. "Saya tunggu kalo waktunya memungkinkan. Kalo enggak, suruh ia minta tolong temannya. Seenggaknya walau enggak ngerti, biar ada usahanya," jelasnya.
Ternyata cara klasik ini masih cukup efektif sampai sekarang. Para murid meski udah kena shock therapy begitu biasanya kembali fokus sama pelajaran. Mereka jadi sibuk buka buku atau nanya sama temannya. Meski ada juga sih dari awal langsung pasrah bilang "enggak tahu bu!", waktu gurunya minta untuk mengerjakan soal. (Avia)
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Bahasa Made In Negeri Aing Tuan Rumah di Negeri Orang
Hiburan & Gaya Hidup
Bahasa Made In Negeri Aing Tuan Rumah di Negeri Orang

Para pedagang di sekitar Masjid Nabawi paham betul strategi pengusaan bahasa konsumennya agar tertarik datang berbincang singkat sampai akhirnya berbelanja

Tingkatkan Kemampuan Diri Selama Pandemi Lewat Telegram
Fun
Tingkatkan Kemampuan Diri Selama Pandemi Lewat Telegram

Telegram bisa jadi wadah kamu belajar banyak hal tentang pengembangan diri.

5 Ide Outfit untuk Kencan Virtual di Hari Valentine
Fun
5 Ide Outfit untuk Kencan Virtual di Hari Valentine

Bikin pasanganmu meleleh di hari Valentine.

3 Tren Aksesori Fesyen yang Extravagant dan Colorful di 2021
Fashion
3 Tren Aksesori Fesyen yang Extravagant dan Colorful di 2021

Aksesori yang harus kamu gunakan tahun ini.

Asuransi Smartphone, Perlukah?
Fun
Asuransi Smartphone, Perlukah?

Sayangnya, risiko smartphone jatuh atau rusak seringkali tak terhindarkan.

Ed Sheeran Sabet Penghargaan ‘Favorite Male Pop Artist’ di AMAs 2021
Fun
Ed Sheeran Sabet Penghargaan ‘Favorite Male Pop Artist’ di AMAs 2021

Sebelumnya tahun ini Ed Sheeran ‘comeback’ dengan penampilan dan single terbaru berjudul 'Bad Habits'.

Teh Ceylon Sumber Terbaik Antioksidan Alami
Hiburan & Gaya Hidup
Teh Ceylon Sumber Terbaik Antioksidan Alami

Nikmat dihidangkan dengan madu.

Rey Mysterio Perbarui Kontraknya di WWE
Fun
Rey Mysterio Perbarui Kontraknya di WWE

Rey Mysterio siap kembali bersaing dengan pegulat lainnya.

Pernah Kerja Bareng, Artis Korea ini Ungkap Kelakuan Member BTS
ShowBiz
Pernah Kerja Bareng, Artis Korea ini Ungkap Kelakuan Member BTS

Punya kesan sendiri terhadap para member.

Marc Marquez Dipastikan akan Absen dari Pembukaan MotoGP
Fun
Marc Marquez Dipastikan akan Absen dari Pembukaan MotoGP

Tim dokter menemukan adanya infeksi pada bekas cideranya.