Momen Bersejarah Pertemuan SBY dan Megawati di Pemakaman Ibu Ani Megawati saat acara pemakaman Ani Yudhoyono. (Antaranews)

MerahPutih.com - Kepergian Ibu Negara RI 2004-2014, Hj Kristiani Herrawati Yudhoyono masih meninggalkan luka dalam bagi Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan keluarga yang ditinggalkan.

Rasa itu masih sama hingga acara pemakaman di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Minggu (2/6). Rasa sedih terlihat sedikit berkurang ketika SBY menjumpai para tokoh Indonesia yang turut hadir dalam acara tersebut.

BACA JUGA: Hadiri Pemakaman Istri SBY, Megawati Dampingi Ibu Negara Dekat Pusara

Selain pengobat sedikit luka, ada momen bersejarah yang terjadi di tempat peristirahatan terakhir Ani Yudhoyono itu. Yakni persalaman antara Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri dan SBY.

Berikut momen-momen pertemuan Megawati dan SBY di upacara pemakaman Ani Yudhoyono;

1. SBY dan Megawati Bersalaman

SBY saat pemakaman istrinya. (MP/Rizki Fitrianto)
SBY saat pemakaman istrinya. (MP/Rizki Fitrianto)

Tak lama setelah tiba di lokasi, Taman Makam Pahlawan Kalibata, SBY langsung bersalaman dengan sejumlah tokoh, seperti Boediono, BJ Habibie, dan baru kemudian menyalami Megawati.

2. Obrolan Singkat SBY dan Senyum Megawati

Megawati saat acara pemakaman Ani Yudhoyono. (Antaranews)
Megawati saat acara pemakaman Ani Yudhoyono. (Antaranews)

Saat bersalaman, Mega terlihat mengucapkan rasa dukanya atas kepergian Ani Yudhoyono dan kemudian dibalas SBY sembari mengangukkan kepala. Perbincangan keduanya diakhiri dengan melipat tangan SBY kepada Megawati.

3. Posisi Megawati di Prosesi Pemakaman

Megawati Soekarnoputri menghadiri pemakaman Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan Kalibata. (MP/Rizki Fitriyanto)
Megawati Soekarnoputri menghadiri pemakaman Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan Kalibata. (MP/Rizki Fitriyanto)

Setelah bersalaman dengan Megawati, SBY lanjut menyalami Sinta Nuriyah dan beberapa tokoh lainnya. Dan berhenti dengan duduk di antara Iriana dan Habibie. Posisinya hanya berselang satu orang dari Megawati., yang berada di samping kiri Ibu Negara.

(Asp/Mul)

Baca Juga: Annisa Pohan Ungkap Cita-Cita Terpendam Mendiang Ibu Ani

Kredit : zaimul


Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH