Molen Londo, Ukurannya Bikin Kenyang (Instagram/tastefuljogja)

Anda tahu dengan molen? Yap, molen yang ini adalah kuliner yang terbuat dari baham pisang, yang dibalut kulit tepung. Selain pisang, biasanya ada pula kreasi-kreasi bahan molen lainnya. Misalnya, nanas dan pepaya.

Nah, di Yogyakarta, Anda bisa mencoba kuliner yang satu ini. Namanya molen londo. Tidak seperti molen pada umumnya. Molen londo dibuat beda dari segi ukuran dan citarasa tentunya.

Bentuk molen londo memanjang. Ukurannya juga super besar alias big size. Mungkin 7 sampai 10 kali lipat dari ukuran molen biasanya. Sekali makan, "Mak leb" langsung bikin perut kenyang.

Soal rasa, tidak perlu ditanya. Molen londo rasanya manis dan gurih. Kulit molennya juga empuk, tidak keras dan tidak kenyal. "Marem" dan benar-benar menggoda.

Harga molen londo ini juga berbeda dengan molen pada umumnya yang hanya Rp 2 ribu per tiga biji atau Rp 2 ribu per bijinya. Harga molen londo ini sesuai dengan dengan ukurannya, big size, yaitu dibanderol Rp 6 ribu per-bijinya.

Berminat mencoba molen londo? Anda bisa datang ke daerah Seturan, tepatnya di depan Minimarket Seturan, Sleman, DI Yogyakarta.

Artikel ini berdasarkan liputan Fredy Wansyah, kontributor merahputih.com yang bertugas di wilayah DI Yogyakarta dan sekitarnya. Untuk mengikuti artikel lainnya terkait kuliner lezat, baca juga: 5 Kuliner Khas Aceh Yang Bikin Lidah Anda Bergoyang



Selvi Purwanti