Moeldoko Tolak Usulan Rekonsiliasi Pemerintah dengan Habib Rizieq Rizieq Shihab usai jadi saksi ahli agama Islam di sidang Ahok, Selasa (28/2). (MP/Fadhli)

MerahPutih.com - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menolak usulan agar pemerintah melakukan rekonsiliasi dengan pentolan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab yang sampai saat ini masih berada di Arab Saudi.

"Apanya yang direkonsiliasikan, wong enggak ada apa-apa kok direkonsiliasi. Enggak ada masalah," kata Moeldoko kepada wartawan yang dikutip Jumat (15/11).

Baca Juga

Pamer Surat Cekal, Habib Rizieq Disindir Goreng Isu Basi

Moeldoko menegaskan pemerintah juga tak pernah mencekal Rizieq untuk kembali ke Indonesia. Menurut dia, fakta itu sudah dijelaskan sejumlah institusi pemerintah yang terkait.

"Kan itu Dirjen sudah menjelaskan, Dirjen Imigrasi (Kemenkumham). Menko Polhukam (Mahfud MD) juga sudah jelaskan. Apalagi?" tutup mantan Panglima TNI itu.

Baca Juga:

Mahfud MD Persilakan Rizieq Shihab Urus Sendiri Masalahnya dengan Arab Saudi

Moeldoko di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22-10-2019) malam. ANTARA/Hanni Sofia
Moeldoko di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22-10-2019) malam. ANTARA/Hanni Sofia

Sebelumnya, beberapa orang dekat Imam Besar FPI itu menyebut pemulangan Rizieq bukan masalah besar bagi pemerintah jika mau melakukan rekonsiliasi secara nasional terhadap tokoh yang berseberangan saat Pilpres 2019. Mereka merasa sejumlah tokoh yang berseberangan dengan Jokowi seperti Habib Rizieq belum diakomodir untuk rekonsiliasi.

Namun, Menko Polhukam Mahfud MD menyatakan Rizieq harus menyelesaikan masalahnya sendiri dengan pemerintah Arab Saudi. Dia memastikan pemerintah tak bisa ikut campur dengan masalah internal negara lain. Sebaliknya, lanjut dia, harus Rizieq sendirilah yang negosiasi dengan Arab Saudi. (Knu)

Baca Juga

Imigrasi Belum Terima Surat Cekal Rizieq Shihab


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH