Moeldoko Tegaskan Sikap Indonesia ke Palestina Tidak Berubah

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Kamis, 20 Mei 2021
Moeldoko Tegaskan Sikap Indonesia ke Palestina Tidak Berubah
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Foto: KSP

Merahputih.com - Pemerintah menyatakan bahwa pada dasarnya sikap Indonesia terhadap Palestina tidak pernah berubah sejak dulu hingga saat ini.

Dalam konteks situasi yang baru saja berkembang, Indonesia telah mengecam atas tindakan kekerasan yaitu serangan secara eskalasi yang dilakukan Israel yang menewaskan banyak korban termasuk anak-anak dan perempuan di Palestina.

Baca Juga:

[Hoaks atau Fakta]: Anies Siap Berjihad ke Palestina

"Dan juga kerusakan parah di antaranya kantor berita Associated Press dan Al Jazeera, yang merupakan pelanggaran terhadap prinsip jurnalistik internasional. Indonesia juga sangat prihatin atas munculnya situasi di mana krisis kemanusiaan terjadi di sana. Untuk itu sekali lagi sikap Indonesia mengecam dengan keras, " ujar Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kamis (20/5).

Presiden Joko Widodo dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi sejauh ini telah berkomunikasi dengan pemimpin berbagai negara agar dapat membantu penyelesaian konflik di Palestina.

Selain itu juga untuk bisa mengakhiri tindak kekerasan sehingga korban jiwa tidak semakin bertambah dan juga menghadirkan keadilan bagi masyarakat Palestina.

Kepala Staf Presiden (KSP), Moeldoko. Foto: KSP

Mantan Panglima TNI itu mengingatkan kepada masyarakat Indonesia agar memahami bahwa ada persoalan-persoalan domestik yang terjadi di wilayah tersebut.

Menurutnya, sangat aneh apabila bangsa Indonesia kehabisan energi seperti saat ini dengan melakukan perdebatan tidak produktif yang sesungguhnya tidak dipahami dengan baik apa yang terjadi di sana.

"Untuk itu saya mengimbau kepada semua untuk menghentikan semuanya (perdebatan). Jangan situasi yang terjadi antara Palestina dengan Israel justru menimbulkan perpecahan di antara bangsa kita sendiri," terangnya.

Baca Juga:

Langkah-langkah Indonesia Hentikan Serangan Israel ke Palestina

Moeldoko menegaskan bukan bangsa Indonesia tidak peduli. Dia mengatakan bangsa Indonesia memiliki sikap yang sama yakni sikap empati atas apa yang terjadi di Palestina.

Untuk itu, kata dia, bangsa Indonesia jangan ikut terseret dalam situasi tersebut yang pada akhirnya justru menimbulkan perpecahan di antara anak bangsa. (Knu)

#Jenderal Moeldoko #Palestina #Konflik Palestina #Aksi Bela Palestina
Bagikan
Bagikan