Moeldoko Buka-bukaan Penyebab Kerja Keras Jokowi 5 Tahun Jadi Mubazir Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko (kanan) mendampingi Presiden Jokowi saat acara Rembuk Nasional Aktivis 98. Foto: Biro Pers Setpres

MerahPutih.com - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko secara terbuka mengakui kerja luar biasa yang dilakukan pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama hampir lima tahun terakhir selalu dipatahkan hoaks atau berita bohong dan fitnah.

"Pemerintah sudah bekerja luar biasa, tapi hanya dipatahkan dengan semburan berita yang tidak jelas, berita bohong, fitnah," kata Moeldoko, dalam Rapat Koordinasi Bidang Kehumasan dan Hukum Seluruh Indonesia di Jakarta, dikutip Antara, Senin (11/2).

Menurut Moeldoko, berita bohong yang disemburkan secara konsisten menciptakan sebuah post-truth. Artinya, kondisi dimana kebenaran seolah menjadi tidak penting lagi sehingga akhirnya pembenaran yang dikedepankan.

Pasangan capres-cawapres Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin (ANTARA FOTO)

Moeldoko menambahkan terdapat istilah firehouse of falsehood yang dilakukan dengan terus memunculkan berita bohong, untuk membangun rasa takut, sehingga menciptakan kondisi ketidakpastian dan keragu-raguan. "Disemburkan terus-menerus dan konsisten, maka sebagian besar kita kehilangan logika dan menyatakan itu benar. Ini sungguh berbahaya," ujar dia.

Mantan Pangliman TNI itu menekankan kondisi paradoks ini jika tidak dicermati dengan baik, maka kerja seluruh humas pemerintah akan sia-sia. "Presiden mendengar keluhan masyarakat tiap pagi, tapi dengan semburan berita bohong bertubi-tubi, musnah dan hilang," tandas Moledoko. (*)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH