Modifikasi Shelby Cobra 1962 Menjadi Roadster Elektrik Sarat dengan inovasi abad 21. (Foto: mycarquest)

COBRA yang merupakan modifikasi dari Ford Mustang lahir dari tangan desainer mobil terkenal Caroll Shelby. Di tangan Modifikator AC Cars dari Inggris hadir dengan Cobra yang sarat inovatif untuk abad ke-21, mobil elektrik.

Seri 1 Electric terlihat mirip dengan Cobra saat debut pada tahun 1962. Mesin Ford diganti dengan penggerak listrik. Memiliki konstruksi ringan, lentur, dengan model yang tidak pernah ketinggalan zaman.

Baca juga:

Bugatti Luncurkan Mobil Listrik 'Baby'

1
Diubah menjadi mobil elektrik. (Foto: cleantechnica)

Torsi dan kekuatan langsung dari penggerak listrik modern dijamin akan menciptakan sensasi seru berkendara. Membuat siapa saja ketagihan dan menjadikan Cobra kembali melegenda.

Dengan tren mobil dan replika yang belakangan ini menggemparkan, telah membawa mobil model klasik bertenaga listrik yang benar-benar berbeda. Mulai dari model SUV high-riding tahun 60-an, sampai model coupe budging-hooded tahun 40-an.

Namun tidak banyak yang membuat kandidat elektrifikasi sempurna seperti AC Cobra. Gaya mobil yang awet muda, konstruksi ringan dan silsilah balap digabung menjadikannya kandidat yang luar biasa sebagai mobil elektrik.

Dilansir dari laman New Atlas, AC mempertahankan semua seperti aslinya. Berpartner dengan Falcon Electric untuk memberikan sensasi berkendara pada Seri 1 penggerak listrik 308-hp, yang didukung oleh baterai 54-kWh. Mobil bertenaga murni listrik ini memiliki bobot kurang dari 1.250 kg.

Baca juga:

Tiga Mobil Klasik Stainless Steel Siap Dilelang

2
Bagian kokpit jauh dari digital. (Foto: insideeves)

Butuh 6,7 detik untuk mencapai kecepatan 100 km per jam yang sebenarnya tidak terlalu kencang. Daya tahan baterai untuk perjalanan 240 km pasti akan cepat habis begitu pengemudi benar-benar mengendarainya dengan gas pol.

Selain menambahkan penggerak listrik modern, AC mengolah kembali rangka tangga untuk mengakomodasi komponen listrik baru dan menyetel ulang bagian kemudi dan rem untuk meningkatkan handling di bawah tenaga listrik.

Mungkin bagian terbaik dari Cobra terbaru ini adalah sama sekali jauh dari tampilan digital atau kontrol sentuh. AC menjaga tampilan dan nuansa asli dengan roda kemudi Moto-Lita, tombol krom dan kulit hand made.

Minggu lalu AC Cars mengumumkan akan memberikan unit pertama dari 58 model Seri 1 Electric ke Falcon untuk instalasi powertrain. Mobil listrik seharaga Rp2,6 miliar ini akan mulai dijual kepada pembeli akhir tahun ini.

Masih tersedia untuk pemesanan disertai deposit Rp47 juta yang bisa dikembalikan secara penuh. Seri 1 Electric ini ditawarkan dalam beberapa pilihan warna: electric white, electric black, electric blue dan electric green. (lgi)

Baca juga:

Jos! VW Combi Model ‘Jadul’ Tenaga Listrik

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Leonard

LAINNYA DARI MERAH PUTIH