Otomotif
Modifikasi Mobil Proper Bukan Monopoli Anak Kota Anak dari daerah terpencil juga bisa modifikasi mobil proper (Foto: pixabay/drivar)

ADA stigma warga asal kota besar lebih maju dalam hal teknologi dibanding warga kota kecil. Bahkan, tak sedikit warga kota besar yang kerap meremehkan kemampuan warga kota kecil tentang teknologi otomotif.

Tak terkecuali dalam hal modifikasi mobil. Hasil modifikasi mobil masyarakat di kota kecil kerap disepelekan oleh warga kota besar, karena di anggap 'norak'.

Baca Juga:

Mobil Listrik Ford Tembus 8 Detik Jarak 400 meter

Membuat mobil proper tak sekadar memperhatikan estetika, tapi faktor kenyamanan dan keamanan juga (Foto: Pixabay/toby parsons)

Itu biasanya karena paduan warna yang terkesan 'aneh', esetika yang tak digubris, penggunaan part yang tidak sesuai fungsi, hingga banyak perubahan yang justru mengurangi faktor kenyamanan dan keamanan mobil.

Padahal, meski tinggal di kota kecil, bukan berarti penggemar otomotif itu tak bisa memodifikasi mobil secara proper. Karena setiap orang bisa membuat mobil yang proper asalkan mengetahui caranya. Sama saja dengan membandingkan antara penggemar otomotif asal Indonesia dengan Amerika.

Dikutip dari laman intersport, proper car adalah modifikasi mobil namun tidak ekstrem atau bahkan berlebihan. Dalam hal ini, bukan melakukan modifikasi yang hanya mengandung unsur ‘kosmetik’ tapi tanpa melupakan unsur yang harus tetap dijaga pada mobil. Modifikasi mengutamakan faktor kenyamanan dan keamanan yang tetap dapat digunakan harian.

Ada beberapa langkah bisa dilakukan modifikator di daerah terpencil untuk membuat mobil yang proper.

Langkah pertama, jangan malu untuk berkenalan dan bertanya pada modifikator terkenal dan berpengalaman di kota-kota besar. Ada banyak ilmu bermanfaat dari mereka seputar modifikasi.

Baca juga:

Mengenal Pontiac Ghost Car, Mobil Berbalut Plexiglass

Rajinlah mendatangi kontes-kontes mobil untuk mendapatkan banyak pengetahuan dan inspirasi (Foto: Pixabay/Pexels)

Langkah kedua, rajinlah untuk mendatangi kontes mobil di berbagai daerah di Indonesia. Baik kontes di kota-kota besar ataupun di kota-kota kecil. Bila kamu cukup memiliki banyak dana, kamu bisa mendatangi kontes mobil berkelas internasional di luar negeri.

Semakin seringnya kamu mendatangi acara-acara kontes mobil di wilayah berbeda, kamu akan semakin mendapat banyak inspirasi dan pengetahuan untuk memodifikasi mobil secara proper.

Langkah ketiga yaitu menggali sebanyak mungkin sumber informasi yang ada di internet. Internet memiliki segudang informasi soal modifikasi mobil, seperti website modifikasi, YouTube dan sebagainya. Jangan malas untuk terus belajar mencari informasi dan mencoba menerapkan pengetahuan yang kamu dapat pada modifikasi mobilmu.

Baca Juga:

Jangan Salah Pilih Ban Dalam Supaya Selamat di Jalan Raya!

Gunakan part aftermarket yang original, demi tetap menjaga keamanan dan kenyamanan mobil (Foto: pixabay/artistic operation)

Langkah keempat gunakan part after-market orisinil ternama. Pilihlah part dengan kualitas kelas atas dari brand ternama. Tentunya, akan menambah kesan 'mewah' pada mobilmu, namun fungsionalitas tetap terjaga, sehingga mobilmu tetap proper.

Untuk membeli part kamu tak perlu jauh-jauh terbang langsung ke luar negeri. Saat ini sudah banyak situs yang menjual part dari luar negeri, dan bisa dikirim langsung ke rumahmu.

Langkah kelima, pastikan setiap part modifikasi pada mobilmu berfungsi dengan baik. Cek kembali berbagai faktor keamanan, seperti ban, velg, kelistrikan mobil, dan kondisi mesin secara berkala. Penggantian part tidak tepat akan membuat kondisi mobilmu tidak aman dikendarai.

Bagaimana, mudah kan memodifikasi mobil proper? Jangan menilai seseorang dari daerah dia tinggal. Karena setiap orang pasti bisa melakukan suatu hal, bila diiringi dengan niat, usaha dan kerja keras. (ryn)

Baca juga:

Tips Ampuh Membersihkan Mobil yang Terendam Banjir

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Jeongyeon TWICE akan Duduk Saat Tampil di Konser 'Twice: World in A Day'
ShowBiz
Jeongyeon TWICE akan Duduk Saat Tampil di Konser 'Twice: World in A Day'

JYP Entertainment selaku agensi yang menaungi grup idola tersebut mengatakan ....

Ayo Keluarkan Zakat
Fun
Ayo Keluarkan Zakat

Zakat harus ditunaikan umat muslim.

Pria, Waspadai Bahaya Diseksi Aorta
Hiburan & Gaya Hidup
Pria, Waspadai Bahaya Diseksi Aorta

Diseksi Aorta membunuh hampir 5.000 pria pada 2018.

Robert Smith Siapkan Album Solo Bergenre ‘Noise’
ShowBiz
Robert Smith Siapkan Album Solo Bergenre ‘Noise’

aku tidak menginginkan hal tersebut untuk The Cure.

Perpustakaan Unik ini Memiliki Bentuk dari Dunia 'Lain'
Fun
Perpustakaan Unik ini Memiliki Bentuk dari Dunia 'Lain'

Memiliki struktur yang menyerupai alien.

The Queens Gambit, Si Gadis Ajaib Dunia Catur
ShowBiz
The Queens Gambit, Si Gadis Ajaib Dunia Catur

Serial Netflix berjudul The Queens Gambit diangkat dari sebuah novel karya Walter Tevis.

Starbucks Jepang Rilis Perlengkapan Minum Edisi Halloween
Fun
Starbucks Jepang Rilis Perlengkapan Minum Edisi Halloween

Perlengkpan minum Starbucks Jepang ini lucu tapi menyeramkan.

Mengupas Stigma Pekerjaan di Indonesia
Fun
Mengupas Stigma Pekerjaan di Indonesia

Stigma pekerjaan juga berpengaruh pada kesehatan mental.

Daftar Langkap Pemenang Critics Choice Awards 2021
ShowBiz
Daftar Langkap Pemenang Critics Choice Awards 2021

Malam penganugerahan penghargaan tahun ini berlangsung dalam bentuk pertunjukan hibrida secara langsung dan virtual.

Difki Khalif Kisahkan Pengalaman Cintanya di Lagu 'Ilusi Setelah Kau Pergi'
ShowBiz
Difki Khalif Kisahkan Pengalaman Cintanya di Lagu 'Ilusi Setelah Kau Pergi'

Setelah meluncurkan lagu kolaborasi bersama Ariel Noah, Kini Difki Khalif merilis single solo nya berjudul 'Ilusi Setelah Kau Pergi'