Model Mobil Ford ini Hanya Ada di Australia Ford Falcon GTHO Phase II. (Foto: hemmings)

KALAU berbicara tentang muscle car yang terbayang langsung Amerika Serikat. Yup! Muscle car memang berasal dari negara itu. Salah satunya pabrikan yang merilis jenis mobil ini adalah Ford.

Ternyata Ford memetakan muscle carnya hingga ke Australia. Bahkan beberapa modelnya terus berjaya meskipun sudah dihentikan penjualannya di Amerika. Bahkan model-model ini tak pernah terlihat di Amerika.

Baca Juga:

Holden, Muscle Car Australia yang Terlupakan

Ford Falcon Sprint V8

mobil
Ford Falcon Sprint V8. (Foto: totallycars)

Perbedaan mobil ini hanyalah pada letak setirnya saja. Tentunya kalau di Australia posisinya jadi sebelah kanan. Selebihnya sama sekali tidak ada perbedaannya. Mobil ini sebenarnya juga tampil sebagai mobil keluarga dengan mesin besar. Namun ketika Ford Falcon tidak lagi dijual di Amerika, di Australia malah terus mengalamai kenaikan penjualan. Sayangnya regulasi smog membuat mobil ini mendadak terhenti. Namun popularitasnya tak kunjung surut hingga saat ini.

Ford Falcon Cobra

mobil
Ford Falcon Cobra. (Foto: Pinterest)


Mobil ini bisa jadi tidak pernah akan melintas di Amerika. Ford Falcon Cobra hanya dijual di Australia saja dengan mesin 5.0L V8 yang sama dipakai pada Mustang. Jelas membuat penggemar brand ini sangat iri. Meskipun memiliki gen yang sama dengan Mustang, tapi Ford Falcon Cobra berada pada pijakannya sendiri. Mobil ini masih memiliki pasar dan sangat ramai diperbutkan oleh para kolektor.

Baca Juga:

Ban Kempis Salah Pelek?

Ford Falcon XR GT (1967)

mobil
Ford Falcon XR GT. (Foto: tradeuniquecars)


Mobil ini adalah salah satu jenis yang menempatkan istilah muscle car dalam sejarah otomotif internasional. Mobil ini dilengkapi dengan blok kecil mesin V8, mesinpun terkesan bloknya kecil namun bukan berarti powernya kecil pula. Mobil ini sudah masuk dalam unit yang harus dikoleksi para penggemar otomotif. Apalagi suku cadangnya bukan urusan yang sulit, banyak dijual secara online.


Ford Falcon GTHO Phase III (1971)

mobil
Ford Falcon GTHO Phase II. (Foto: theaustralian)


Mesin yang dipakai adalah Cleveland V8 yang membuka pintu bagi generasi baru muscle car di Australia. Tampilannya akan langsung bikin ciut mobil yang lain bila sudah mengaspal. Mobil ini menjadi sangat istimewa di dalam sejarah Ford karena memasukan Falcon dalam daftar muscle car internasional. (psr)


Baca juga:

Aston Martin Tunda Perilisan Mobil Listrik Terbarunya? Ada Apa?

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo