Modal Ponsel Pintar Hasilkan Video Berkualitas Ponsel pintar saja sudah cukup (Foto: Burak Kebapci)

MEMBUAT video menggunakan ponsel pintar memang mudah. Cukup keluarkan ponsel pintar dari saku, pilih opsi kamera, dan rekam. Kamu pun bisa mengabadikan momen apapun dalam bentuk gambar tanpa harus susah-susah memiliki handy cam atau kamera.

Tapi percuma kalau video yang kamu hasilkan jelek. Dari segi kualitas gambar, hingga kurangnya pencahayaan untuk mencerahkan. Tapi tenang, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk menghasilkan video bagus bermodalkan ponsel pintar.

1. Manfaatkan pencahayaan alami

Cahaya alami untuk menghindari bayangan (Foto: Pexels/mali maeder)

Lensa dan sensor gambar pada ponsel pintar sangat kecil. Sehingga sulit untuk mengatur penerangan yang cukup untuk mendapatkan hasil gambar cerah. Solusinya adalah memanfaatkan pencahayaan alami. Selalu merekam di tempat yang terang. Dengan begini bayangan kamu sendiri atau bayangan benda lain tidak mengganggu tampilan video. Selain itu jangan sekali-kali mengarahkan lensa langsung ke arah sumber cahaya. Lensa kamu bisa rusak.

2. Bersihkan lensa

Lensa bersih hasilkan gambar bagus (Foto: Pexels/Fernando Arcos)

Kedengarannya mudah dan sederhana. Tapi nyatanya masih banyak orang merekam video dengan lensa ponsel pintar yang kotor. Hasilnya kualitas gambar pada video menurun. Bukan berarti lensa yang kamu punya itu jelek. Intinya cuma kotor. Bersihkan lensa kamera dengan lap yang agak dibasahi. Atau bisa menggunakan pakaian kamu setelah sebelumnya diberikan uap dari nafas kamu.

3. Zooming

Zooming menurunkan kualitas gambar. (Foto: Pexels/Artem Bali)

Terkadang objek yang mau kamu rekam jauh. Tapi jangan sekali-sekali kamu merekam dengan menggunakan zoom. Pasalnya pada ponsel pintar lensa tidak memperbesar secara optikal namun secara digital. Sehingga gambar yang dihasilkan akan pecah. Jadi kamu harus sedikit usaha di sini. Kamu yang harus mendekat ke objek tersebut. Atau jika memang tidak memungkinkan, ambil saja posisi merekam yang sedang, tidak jauh dan tidak dekat.

Baca juga: 4 Bahan untuk Bersihkan Layar Ponsel

4. Rekam secara horizontal, bukan vertikal

Rekam secara horizontal (Foto: Pexels/PALOMA Aviles)

Sebenarnya wajib banget kamu merekam apapun menggunakan ponsel pintar secara horizintal. Apalagi kalau hasil rekaman mau kamu tonton melalui layar televisi atau laptop yang memiliki layar besar. Jika tetap direkam secara vertikal tampilan pada layar lebih besar akan terlihat sempit. Ada sisa gambar pada bagian kanan dan kiri layar berwarna hitam. Intinya tampilan video di ponsel pintar lebih kecil, sehingga tidak bisa menyamakan layar televisi ataupun laptop.

5. Pakai mikrofon eksternal

Mikrofon eksternal hasilkan suara lebih jernih (Foto: rode)

Kelebihan dari video adalah menghasilkan gambar bergerak beserta suara. Namun suara yang dihasilkan akan percuma jika tidak menggunakan mikrofon eksternal. Apalagi jika video tersebut berbentuk sebuah wawancara. Dengan menggunakan speker eksternal suara yang dihasilkan akan lebih jernih dan terdengar jelas. Sebenarnya tanpa menggunakan mikrofon eksternal tidak masalah asal posisi kamu dekat dengan objek. Tapi agar lebih aman lebih baik menggunakan speaker tambahan yang sudah banyak dijual di pasaran. (ikh)

Baca juga: Tips Memotret Menggunakan Kamera Hp dengan Hasil Jepretan DSLR

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH