Modal Pembalap Binaan PT Astra Honda Motor Hadapi Race Pertama IATC 2022

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Sabtu, 19 Maret 2022
Modal Pembalap Binaan PT Astra Honda Motor Hadapi Race Pertama IATC 2022
Muhammad Diandra Mahardika.. (PT AHM)

MerahPutih.com - Sesi kualifikasi Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2022, pada Sabtu (19/3) ini sudah dimulai pukul 08:15 WITA. Sedangkan race pertama akan dimulai pada pukul 16:25 WITA.

Pada Sesi latihan bebas Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2022 seri kedua yang berlangsung di Mandalika International Street Circuit, Jumat (18/03), empat pembalap PT Astra Honda Motor menorehkan catatan waktu yang menjanjikan.

Baca Juga:

Rasa Aman Pembalap MotoGP di Sirkuit Mandalika Yang Lolos Homologasi Grade A

Para pebalap berhasil tampil sebaik baiknya depan publik sendiri. Paling tidak, pada latihan bebas pertama yang dimulai pada pukul 11.50 WITA, Reykat Fadillah dan Veda Ega Pratama mampu masuk ke jajaran lima pebalap tercepat.

Reykat mencatatkan waktu lap time terbaik 1 menit 48,163 detik dan masuk ke peringkat keempat, hanya beda 0,332 detik dari pebalap tercepat. Sedangkan Veda mencatatkan waktu 1 menit 48,448 detik dan menjadi pebalap tercepat kelima.

Sementara itu, Aan Riswanto juga tampil cukup menjanjikan. Pebalap 16 tahun asal Bantaeng, Sulawesi Selatan, itu membukukan waktu 1 menit 49,980 detik.

Tak jauh beda, Muhammad Diandra Mahardika menorehkan waktu 1 menit 50,704 detik dan duduk di peringkat ke-11.

Memasuki sesi latihan bebas kedua yang dimulai pukul 16:05 WITA, catatan waktu para pebalap bergerak semakin cepat. Rata-rata mampu memperbaiki catatan waktunya.
Reykat membukukan waktu 1 menit 45,581 detik dan duduk di peringkat keenam. Sedangkan Veda mencatatakan waktu terbaik 1 menit 45,934 detik.

Hasil latihan bebas Reykat menjadi modal awal untuk menyongsong kualifikasi dan race pertama yang akan berlangsung hari ini, Sabtu (19/3).

Reykat Yusuf Fadillah. (Foto: PT AHM)
Reykat Yusuf Fadillah. (Foto: PT AHM)

"Kondisi cuaca dan aspal baru tentunya menjadi tantangan tersendiri untuk bisa menaklukan sirkuit ini. Semoga besok saya mampu tampil maksimal dan meraih hasil terbaik," kata pebalap Depok berusia 14 tahun itu.

Veda Ega Pratama yang pada seri pertama di Qatar mampu meraih podium, mengaku tengah menghadapi tantangan tersendiri. Kondisi aspal dan cuaca yang berbeda dengan saat wild card IATC Mandalika tahun lalu, menjadi tantangan dalam latihan bebas hari ini.

"Hasil yang saya raih pun masih bisa saya tingkatkan. Semoga bisa tampil dengan kemampuan terbaik dan juga menjadi juara di Mandalika,” ujarnya.

Aan Riswanto yang belum tampil maksimal saat latihan bebas kedua mengatakan, perlahan dirinya mulai menemukan ritme yang baik dalam melahap seluruh tikungan di sirkuit Mandalika. Harapan tinggi pun ada di pundaknya untuk tampil baik esok hari.

Sementara itu, proses adaptasi yang dirasakan Muhammad Diandra Mahardika dan Zachry Akbar di sirkuit Mandalika. Dirinya berharap, mampu memperbaiki catatan waktu untuk kualifikasi dan merasih hasil maksimal.

"Di sesi latihan bebas saya berusaha untuk bisa segera beradaptasi. Memang tidak mudah dan belum bisa meraih hasil yang saya harapkan. Saya masih akan terus belajar dan memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin untuk mendapatkan pengetahuan baru,"ujar Zachry.

Agenda MotoGP di Mandalika, pada Sabtu (19/3) ini, dimulai dengan kualifikasi Asia Talent Cup, dilanjutkan dengan latihan bebas Moto3, Moto2 dan MotoGP. Pada siang harinya, kualifikasi Moto3, Moto2 mendahului sesi FP4 MotoGP sebelum para pebalap kelas premier berebut posisi start terdepan di babak kualifikasi. (Kuh)

Baca Juga:

Menanti Drama MotoGP di Tikungan 1 Sirkuit Mandalika dari Kelas Deluxe

#MotoGP #Mandalika #GP Mandalika #Honda
Bagikan
Ditulis Oleh

Thomas Kukuh

Bagikan