Hari Dongeng

Modal Mendongeng Cuma Ketulusan Hati

P Suryo RP Suryo R - Selasa, 20 Maret 2018
Modal Mendongeng Cuma Ketulusan Hati
Mendongeng sangatlah mudah hanya dari hati. (Foto: Ayo Dongeng Indonesia)

SELAMAT Hari Dongeng Sedunia sahabat Merah Putih! Jadi ingat masa kecil ya, pasti Anda pernah didongengi oleh orangtua tercinta. Bukan dari orang tua saja, pasti pernah juga kan dulu Anda pergi ke taman baca atau ke acara mendongeng bersama teman-teman ataupun orangtua.

Nah, jangan cuma didongengi saja. Sudah waktunya Anda mendongeng untuk orang lain, apalagi ke anak-anak kecil yang lucu-lucu. Antusias banget pasti mereka. Tentunya juga mendongeng untuk si buah hati, paling tepat sebelum si kecil tidur.

Tapi mendongeng bagaimana sih caranya? Susah atau gampang? Nggak usah takut ya, ternyata modalnya cuma satu. Bukan uang, bukan kemanpuan khusus kok, yang penting ketulusan hati.

Asalkan Anda tulus, cerita yang disampaikan pasti menarik. Bisa-bisa anak yang Anda dongengi ketagihan, minta lagi dan lagi. Hal tersebut diungkapkan Nina, salah satu ketua komuntas mendongeng, Ayo Dongeng Indonesia (AyoDi).

"Sebenarnya tidak ada tips secara khusus. Mendongeng itu intinya bercerita dari hati kalau sudah bercerita dengan hati sebenarnya semuanya lancar," ungkapnya saat dihubungi merahputih.com, Senin (19/3).

Intinya mendongeng jangan dijadikan beban. Pasalnya menurut Nina setiap orang pasti pernah 'mendongeng'. Ya, mendongeng adalah bercerita. Jadi siapa sih yang gak pernah bercerita ke orang lain. Apalagi ke teman.

Maka dari itu semuanya sama saja. Bedanya mendongeng berdasarkan kisah dalam cerita buku, jadi tinggal menjalankannya layaknya saat berbicara hal dengan siapapun.

ayo dongeng indonesia
Mendongeng seperti bercerita pada teman. (Foto: Ayo Dongeng Indonesia)

"Ini sama aja kayak kita bercerita dengan teman. Misalnya kita ketemu teman dan sudah niat ada cerita yang ingin disampaikan, pasti kita ceritanya menggebu-gebu sekali, pakai intonasi, pakai suara yang jelas, pakai ekspresi. Jadi ini semua sama dengan mendongeng anak kita," tambahnya.

Namun, ada beberapa teknik yang bisa dipelajari kata Nina. Agar cara mendongeng tidak membosankan. Misalnya melatih intonasi agar anak dapat paham dengan jelas setiap kalimat yang diucapkan.

Jangan lupa juga pakai ekspresi agar anak semakin tertarik. Pastinya tekankan ekspresi lucu karena pada dasarnya anak-anak pasti suka dengan kelucuan ataupun kejenakaan. Serta jangan salah pilih cerita dongengnya ya, riset dulu cerita apa yang biasanya disukai anak.

"Kalaupun ada teknik yang harus dipelajari sebenarnya itu adalah tambahan. Misalnya suara, intonasi, ekspresi atau pilihan dongeng yang tepat dan sebaiknya," imbuhnya menyarankan.

Pun tetap saja yang terpenting ketulusan dari hati. Kalau sudah tidak niat gimana mau asyik, setuju? Kalau Anda memang senang mendongeng, bisa juga nih gabung bersama AyoDi. (ikh)

#Hari Dongeng Nasional
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan