Jabar Selatan, Rumah Para Dewa

Mochi, Kue Jepang yang Jadi Kuliner Sukabumi

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 03 Desember 2018
Mochi, Kue Jepang yang Jadi Kuliner Sukabumi
Mochi Sukabumi yang berbentuk seperti kelerang. (Foto: instagram@mochibts_smi)

SUKABUMI merupakan daerah Jawa Barat yang terkenal sebaga salah satu destinasi wisata alamnya. Pemandangan indah pegunungan dan pantai menjadi daya tarik kabupaten dan kota perbatasan ke Banten ini.

Tak hanya punya destinasi wisata, Sukabumi juga punya banyak kuliner tradisional. Salah satu kuliner ini merupakan kuliner Sukabumi yang berasal Jepang, namanya mochi.

Siapa yang tak kenal mochi Sukabumi? Bagi pelancong ke wilayah selatan Jabar ini, mochi selalu jadi penganan wajib sebagai oleh-oleh setelah berwisata. Mochi yang tahan lama sangat cocok jadi buah tangan.

1. Mochi dibuat kecil sebesar kelereng

Mochi Sukabumi. (Foto: instagram.com/mochibts_smi)
Mochi Sukabumi yang 'berbedak'. (Foto: instagram@mochibts_smi)

Bahan utama mochi yaitu tepung beras ketan. Pertama-tama tepung diadon dengan air. Pada tahap ini sudah diberi perwarna biasanya hijau ciri khas mochi. Setelah itu dimasak dalam rebusan air.

Mochi sangat enak dengan tekstur kenyal yang lembut. Bentuknya kecil-kecil seperti kelereng. Ada moci tanpa isi dan mochi isi kacang. Rasanya manis dengan taburan putih tepung maizena sangrai.

Biasanya mochi Sukabumi disajikan dalam wadah kota dari bambu. Dalam setiap kotak diisi 5-10 biji. Satu paket mochi biasanya berisi lima kotak. Diikat tersusun ke atas dengan tali supaya mudah dibawa oleh wisatawan.

2. Mochi sebagai kuliner perayaan tahun baru Jepang

Mochi khas Jepang. (Foto: Pixabay/skeeze)
Mochi khas Jepang. (Foto: Pixabay/skeeze)

Mochi merupakan makanan yang berasal dari Jepang. Kue ini biasanya ditemukan dala perayaan mochitsuki atau perayaan tahun baru Jepang. Tak hanya sebagai kuliner rumahan, mochi juga merupakan penganan oleh-oleh. Mochi di Jepang dapat ditemukan di toko-toko kue. Dibanding dengan yang ditemukan di Indonesia, mochi aslinya berukuran lebih besar.

Nah, itu dia mochi. Kalau kamu melancong ke Sukabumi, jangan lupa membawa oleh-oleh mochi yang asalnya dari Jepang ini. Mochi banyak dijajakan terutama di kawasan-kawasan wisata dan daerah Kota Sukabumi. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Otak-otak, Penganan Favorit Warga Sukabumi

#Jabar Selatan, Rumah Para Dewa #Kuliner Jawa Barat #Kuliner Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan