Aksi Sosial

Mocaves dan Hahahihi Scoot, Jagoan Negeri Aing Berbagi di Masa Sulit

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Jumat, 20 Agustus 2021
Mocaves dan Hahahihi Scoot, Jagoan Negeri Aing Berbagi di Masa Sulit
Mocaves dan Hahahihi Scoot berbagi. (Foto: merahputih.com/Rizki Fitrianto)

SEJUMLAH pengendara Vespa melintas di jalanan Tangerang bak jagoan sore itu. Bukan, mereka sama sekali tidak melanggar lalu lintas. Mereka tetap berkendara dengan safety riding. Maksud jagoan ialah mereka punya misi mulia sore itu, yakni berbagi untuk para orang membutuhkan di sekitar kawasan Tangerang.

Beberapa saat kemudian mereka menepi, tepatnya di Jl. Kh. Soleh Ali No.113, Sukasari, Tangerang. Mereka memarkir motor dengan rapi, dan mulai mempersiapkan sebuah stand dan tidak lupa mendirikan banner warna hijau tosca di sampingnya. "MOCAVES FAMILY X HAHAHIHI SCOOT," begitu judul banner tersebut.

Baca Juga:

Sosok Jagoan Negeri Aing di Balik Aksi Sosial Berbagi Nasi Gratis di Nusa Dua Bali

Mocaves Family dan Hahahihi Scoot merupakan komunitas Vespa berdomisili di Tangerang. Walaupun situasi sedang sulit di masa pandemi, kedua komunitas ini beraksi untuk memberikan harapan kepada yang membutuhkan. Mereka peka terhadap orang sekitar dengan membuat sebuah program bakti sosial.

"Indahnya Berbagi, Berbagi Tidak Akan Rugi Mulai Dari Hal Kecil Agar Berguna Bagi Mereka Yang Membutuhkan," demikian semangat mereka yang tertulis di banner tersebut. Program bakti sosial ini bertajuk 'Indahnya Berbagi'.

Stand pembagian bantuan yang didirikan Mocaves dan Hahahihi Scoot. (Foto: merahputih.com/Rizki Fitrianto)

Stand yang mereka dirikan sontak mencuri perhatian orang yang melintas. Terutama mereka yang sangat membutuhkan semisal pemulung, pengemis, pedagang kecil, hingga pengamen. Stand yang didirikan Mocaves dan Hahahihi Scoot dipenuhi dengan paket sembako dan nasi kotak.

"Awal mula gerakan baksos itu karena melihat lingkungan kami banyak yang membutuhkan," ujar Shandy Firdaus, Ketua Pelaksana Bantuan Sosial Indahnya Berbagi kepada merahputih.com. Melihat hal tersebut, Komunitas-komunitas Vespa di kota Tangerang pun tergerak untuk berbagi.

Baca Juga:

Pengawal Ambulans Negeri Aing, 'Gas' Terus Selama Sirine Berbunyi

Shandy merincikan paket sembako yang dibagikan oleh rekan-rekannya sesama anggota klub motor berisi beras, minyak, mie dan gula. Sementara untuk satu porsi makanan terdiri dari nasi, ayam goreng, mie, tahu, dan tempe. Bantuan ini juga berasal dari hasil pengumpulan dana yang dilakukan oleh orang di luar komunitas.

Selain melalui stand, dua komunitas ini juga menyusuri jalan-jalan Tangerang untuk membagikan bantuan. (Foto: merahputih.com/Rizki Fitrianto)

Program bakti sosial ini tidak hanya membagikan makanan melalui sebuah stand di jalan. Agar penyaluran bantuan lebih merata kepada orang membutuhkan di sekitar Tangerang, kedua komunitas vespa ini juga menyusuri jalan-jalan lain setelah seluruh paket bantuan di stand habis.

Tak disangka, gerakan sederhana yang dilakukan oleh beberapa anggota menggugah nurani anggota yang lain. "Ternyata saat kami memberikan bantuan sosial tersebut banyak apresiasi dan partisipasi," lanjutnya.

Anggota yang terlibat dalam program ini dibatasi demi mematuhi peraturan PPKM. (Foto: merahputih.com/Rizki Fitrianto)

Walaupun semua anggota ingin berpartisipasi langsung dalam memberikan bantuan, sebagai warga negara yang baik dan ingin mengurangi persebaran COVID-19, anggota klub MOCAVEST dan Hahahihi Scoot tetap patuh mengikuti peraturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Untuk yang ikut karena lagi PPKM kami batasi aja. Dari MOCAVEST dan Hahahihi hanya 15 orang. Semoga gerakan ini bisa menginspirasi komunitas lain untuk bergerak di kala pandemi," harapnya. (avia)

Baca Juga:

Tukang Sampah Jagoan Negeri Aing Bersihkan Lingkungan Meski Sering Dilupakan

#Teknologi #COVID-19 #Agustus Jagoan Negeri Aing
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan