Mobil Van Tabraki Jemaah Usai Tarawih, 1 Tewas, 8 Luka-luka Polisi berjaga-jaga usai serangan teror d London. (ANTARA/REUTERS/Peter Nicholls)

Sebuah mobil van menabraki pejalan kaki di Finsbury Park, London utara, Senin (19/6) dini hari waktu London. Kejadian ini merupakan yang ketiga kalinya dalam beberapa minggu terakhir.

Mobil van menabrak kerumunan pejalan kaki di dekat sebuah masjid. Kepolisian setempat melaporkan satu orang meninggal dunia dan delapan lainnya luka-luka.

Dewan Muslim Inggris (MCB) menyebut minibus tersebut "sengaja" hendak melindas para jemaah Masjid Finsbury Park yang baru saja menunaikan salat tarawih.

"Mobil itu meluncur begitu saja ke kami. Ada banyak orang saat itu. Kami langsung bergerak. Saya sangat kaget, kaget, kaget. Ada begitu banyak jenazah di sekitar saya. Puji Tuhan saya bergerak ke samping. Saya hanya melompat. Semua orang terluka," kata serang saksi mata seperti dilansir BBC Indonesia.

Sementara keterangan polisi setempat menyebut mereka telah berhasil menangkap satu orang.

"Ada beberapa korban ditangani di tempat kejadian perkara," kata polisi London menggabarkan besarnya insiden itu, sebagaimana dikutip Reuters. "Ada satu orang yang ditangkap."

Insiden ini menambah panjang deretan serangan teror di London. Sebelumnya, konser Ariana Grande di Manchester pada 22 Mei, diserang pelaku bom bunuh diri yang menewaskan 22 orang.

Kemudian, pada 22 Maret, seorang pria mengendai mobil sewaan untuk dia tabrakkan ke pejalan kaki di Westminster Bridge, London, dan kemudian menikam hingga mati seorang polisi, sebelum dia sendiri ditembak mati. Si penyerang sendiri menewaskan total lima orang.

Lalu, sebuah mobil yang ditumpangi tiga militan islamis menabrak pejalan kaki di London Bridge dan menikam orang-orang di berbagai restoran dan bar dekat London Bridge. Dalam peristiwa yang terjadi tanggal 3 Juni lalu itu sebanyak delapan orang tewas dan 50 terluka.


Tags Artikel Ini

Luhung Sapto

YOU MAY ALSO LIKE