Mobil Polisi Amerika yang Ciamik! Mobil-mobil berkekuatan besar yang masuk dalam jajaran kepolisian. (Foto: motor-junkie)

MOBIL kepolisian Dubai membuat decak kagum semua orang. Mobil-mobil yang berada di jajaran kepolisian itu tidak main-main. Mulai dari harga sampai kecepatannya. Alih-alih menjalankan tugas kepolisian, mobil-mobil kepolisian Dubai malah jadi atraksi wisata.

Berbeda dengan mobil-mobil hamba hukum yang ada di Amerika Serikat. Merk tentunya terkenal, karena Amerika gudang dari mobil-mobil terkenal. Laman motor-junkie mengungkapkan mobil-mobil ini memiliki kecepatan untuk menandingi mobil pelanggar hukum.

Baca juga:

Mobil Dinas Kepresidenan Republik Indonesia Dari Masa ke Masa


Chevrolet Camaro Z28 2002

mobil
Chevrolet Camaro Z28. (Foto: motor-junkie)


Salah satu penegak hukum di Amerika selain lembaga kepolisian adalah California Highway Patrol (CHP) yang menjadi badan berwenang yang mengawasi penegakan hukum di jalan raya di negara bagian California. Badan ini memiliki armada mobil yang siap mengejar pelanggar hukum. Salah satunya yang paling terkenal adalah Chevrolet Camaro Z8 tahun 2002 yang khusus dibuat untuk CHP. CHP memesan sekitar 73 unit yang masuk dalam jajaran tugasnya. Pada tahun 2010 mobil-mobil sudah emmasuki purna tugasnya dan dibeli oleh sipil.


Ford Mustang SSP 1983-1993

mobil
Ford Mustang SSP. (Foto: motor-junkie)

Masih dari CHP di tahun 1980-an yang kedodoran mengejar pelanggar hukum di jalan raya. Mereka kemudian mencari mobil yang mampu mengejar dan menangkap para penjahat. Maka jatuhlah pada Ford Mustang SSP yang memang khusus dibuat untuk kebutuhan CHP, khususnya pada produksi tahun 1983-1993. Dari CHP kemudian menular pada lembaga penegak hukum lainnya, lebih kurang 15 ribu unit dipakai kala itu. Seperti NYPD mengorder khusus dengan power window, sementara mobil CHP dilengkap dengan roll bar di dalamnya.


Baca Juga:

Mobil-Mobil dalam Rangkaian Konvoi Pengawal Presiden


Chevy Camaro B4C 1991-2002

mobil
Chevy Camaro B4C. (Foto: Pinterest)

Camaro adalah salah satu model yang populer pada kategori pony car. Kala itu camaro harus bersaing dengan Ford Mustang 5.0 yang juga memasuki dinas kepolisian karena faktor desain yang simplisistik dan murah dalam perawatannya. Namun kekuatan mesin Camaro yang diwariskan dari Corvette membuatnya lebih kuat ketika digeber penuh. Tentunya mampu mengejar penjahat yang hendak kabur. Camaro memang tidak mewah, namun bobotnya ringan yang memberikan keuntungan dalam melesat di jalan.

Dodge Charger Police Package 2006-2013

mobil
Dodge Charger Police Package. (Foto: motor-junkie)

Ford memang memiliki sejarah panjang dalam dinas kepolisian setelah Chevrolet berhenti pada sekitar tahun 1996. Mobil ini sangat kuat dengan mesin Hemi V8 yang bisa melesat 0-100 kpj dalam enam detik. Dodge Charger Police Package memang dibuat khusus untuk dinas kepolisian seperti halnya Ford Mustang SSP. Mobil ini secara kasat mata tak berbeda dengan mobil yang dijual di pasar umumnya. Hanya saja beberapa bagian saja yang dibuat untuk menunjukan fungsinya. (psr)

Baca Juga:

Mobil Tercepat di Game Grand Theft Auto 5

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH