Mobil-Mobil dalam Rangkaian Konvoi Pengawal Presiden Mobil pengawal kepresidenan yang dipakai oleh polisi militer. (Foto: Kabaroto)

DALAM rangkaian konvoi pengawal kepresidenan terlihat berbagai merk dan jenis kendaraan. Tentunya mobil-mobil itu bukan hanya sekedar membawa rombongan pengawal dan kebutuhan yang sudah menjadi standar operasional kepresidenan.

Mobil-mobil ini sekilah memiliki kesamaan dengan mobil-mobil yang dimiliki oleh masyrakat. Namun memiliki fitur-fitur yang berbeda tentunya karena yang dikawal adalah kepala negara. Laman KabarOto mengungkapkan beberapa merk dan jenis kendaraan yang biasanya masuk dalang rangkaian konvoi kepresidenan.


Baca Juga:

Mobil Dinas Kepresidenan Republik Indonesia Dari Masa ke Masa


Mazda 6 Sedan

mobil pengawal presiden Mazda 6 Sedan
Sedan yang menjadi pembuka dan penutup konvoi. (Foto: mazdausa)


Sebagai pembuka jalan biasanya yang terlihat terlebih dahulu adalah mobil bermerk Mazda. Model Mazda 6 ini biasanya dipakai oleh satuan polisi lalu lintas yang bertugas melakukan pengawalan VIP. Sedan ini tak hanya dipakai oleh kepolisian saja, pihak TNI khususnya polisi militer juga memakai mobil ini sebagai pendukung pengawalan.

Sedan ini sudah memasuki generasi ketiga, ditempatkan juga di bagian belakang sebagai penutup rangkaian konvoi. Mazda 6 sedan memakai mesin SKYACTIV-G 2.5 liter 4 silinder DOHC, berkapasitas 2.488cc. Mesin dengan transmisi otomatis percepatan 6 ini mengeluarkan tenaga hingga 187 dk diputaran mesin 5.700 rpm. Kemudian torsinya mencapai 250 Nm pada putaran mesin 3.250 rpm.

Toyota Fortuner

mobil pengawal presiden toyota fortuner
Sering terlihat di rangkaian belakang konvoi. (Foto: Toyota PH)


Mobil berjenis SUV berwarna hitam ini kerap terlihat di barisan belakang iring-iringan. Mobil ini berjalan dengan mulus dengan kecepatan tinggi mengikuti rangkaian yang ada di depannya. Toyota Fortuner dibekali mesin diesel GD FTV 4 silinder segaris, 4 katup, DOHC, VNT Intercooler dengan kapasitas silinder sebesar 2393 cc. Mobil ini memiliki transmisi otomatis 6 percepatan dengan sistem injeksi yang disebut dengan istilah common rail. Dengan mesin itu Toyota Fortuner menyemburkan tenaga maksimum sebesar 150 dk pada putaran 3400 rpm dan torsi maksimum mencapai 400 Nm di putaran 1,600-2,000 rpm.

Baca Juga:

Kencang dan Mewah, Inilah 5 Mobil Polisi Terbaik di Dunia

Mercedes-Benz G-Class

mobil pengawal presiden mercedes benz
Spesifikasi mobil ini memang untuk pengawalan VIP. (Foto: KabarOto)

Biasanya mobil berjenis SUV ini tampil dalam warna hitam dipakai Paspampres dan putih dipakai oleh Polisi Militer dalam rombongan pengawal kepresidenan. Mobil ini dibuat di Graz Austria memiliki memiliki sejarah dalam kedinasan pengawalan Presiden Republik Indonesia. Mobil jenis ini sudah menjadi andalan Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) sejak era Presiden Soeharto.

Saat ini mobil yang dipakai adalah G 300 CDI yang bertugas sejak tahun 2010. Sebelumnya Paspampres menggunakan varian G 270 CDI dengan mesin diesel 2.7L bertenaga 183 dk dan torsi 400 Nm.

Kabarnya ada 30 unit G 300 CDI yang digunakan untuk keperluan pengawalan presiden dan wakil presiden. Mobil ini dibekali mesin diesel V6 3.0L turbo dengan tenaga 184 dk dan torsi 400 Nm. Mobil ini dilengkapi dengan strobe light bar, atap yang bisa dibuka dan hand railing atau pegangan di bagian atap, serta winch pada bagian depan.

Land Cruiser J200

mobil pengawal presiden land cruiser
Mobil ini dipakai sebagai unit pengacau sinyal. (Foto: Toyota UK)

Meskipun terlihat seperti mobil ‘biasa’ saja dalam rombongan pengawal kepresidenan. Mobil ini adalah unit vehicle mounting jammer, alias pengacau sinyal sepanjang konvoi berjalan. Melihat fungsinya sinyal ponsel warga di jalur yang dilalui presiden juga ikut terganggu. Land Cruiser J200. Kemampuan lainnya adalah SUV berkemampuan off-road dibekali teknologi kekinian. Mobil ini dibekali mesin V8 1UR-FE 4.608 cc yang memberikan tenaga sebesar 318 dk dan torsi 460 Nm. (*)


Baca Juga:

Ini Arti Facelift, New dan All New pada Mobil Kamu

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH