Mobil-Mobil BMW ini Hanya Ada di Afrika Selatan BMW Afrika Selatan memproduksi mobil-mobil yang tak ada di negara-negara lainnya. (Foto: Drive)

TAK ada yang tak mengenal produsen mobil asal Jerman ini. Model-model yang dirilis selalu berhasil mendapatkan tempat di publik.

Citra mobil BMW yang mewah dan memiliki kecepatan kencang meluas ke berbagai negara yang ada di dunia. Termasuk negara Afrika Selatan yang memiliki pabrik mobil asal Bavaria ini. Hebatnya beberapa model yang ada di sana tidak ada di negara lain.

Baca Juga:

Mengintip Keseruan Royal Enfield Tour of Indonesia Edisi Ke-2

BMW 530 MLE E12

mobil
Spesifikasi kelas M yang lahir setelahnya. (Foto: Motor Authority)

BMW yang berada di Afrika Selatan ini pada tahun 1976 memproduksi BMW 530 MLE E12. Mobil yang diproduksi itu memiliki kesamaan spesifikasi dengan kelas M yang merupakan kelas bergengsi di BMW.

Mobil yang menggunakan setir kanan ini menggunakan seri 5 model 530 yang standar. Sesuai dengan singkatan MLE (Motorsport Limited Edition), mesin enam silindernya habis dikulik untuk menaikan performanya. Tak mengherankan bila tenaganya naik menjadi 271 dk. Tenaga yang sangat besar untuk mobil penumpang pada saat itu. Tadinya mobil ini hanya diproduksi 100 unit untuk tujuan sertifikasi saja. Namun klien BMW di Afrika Selatan tertarik dengan model maka kemudian diproduksi 100 unit lagi.

BMW 745i E23

mobil
Mobil penumpang yang bisa balapan. (Foto: Pinterest)

Mobil yang hanya ada di Afrika Selatan dirilis di tahun 1983. Mesin M88 yang ada pada supercar M1 diambil untuk dimasukan ke mobil ini. Mesin mobil M1 adalah salah satu mesin terbaik yang diproduksi oleh BMW. BMW 743i E23 ini adalah jenis mobil mewah yang kemudian digabungkan dengan mesin kencang itu. Menjadikan mobil ini sangat istimewa melampaui standar pabriknya sendiri bahkan untuk ukuran saat ini. Boleh dikatakan BMW berhasil membuat seri M7. Sayangnya mobil ini hanya di produksi 200 unit.

BMW 745i kemudian menjelma menjadi mobil yang tidak biasanya. Kombinasi kemewahan dan performa terbaik BMW itu diyakini mampu membalap di sirkuit. Kemudian itu dibuktikan dengan kejuaraan balapan touring car di Afrika Selatan. Kemenangan langsung diraih oleh mobil dan menjadikannya sebagai BMW seri 7 pertama yang memenangkan kejuaraan balap mobil.

BMW 333i E30

mobil
Mobil kecil, mesin besar. (Foto: motor1)

Di tahun 1980an seri BMW yang paling kecil adalah seri 3 coupe. Kemudian mesin paling besar di BMW berasal dari sedan mewah seri 7 dengan kapasitas 3.3L. Bagaimana jika keduanya digabungkan? Pabrik BMW di Afrika Selatan menggabungkan keduanya maka lahirlah mobil ini.

Di tahun 1988 BMW Afrika Selatan memperkenalkan seri 333i E30 dengan mesin 3.3L straight six, memiliki power hingga 194 dk. Kekuatannya dibuktikan dengan tes 0-100 kpj hanya memakan waktu 7 detik. Kemampuan ini mengalahkan M3 E30. Mobil ini hanya hadir dengan dua opsi, AC atau power steering. Ini karena keterbatasan ruangan di mesin yang sudah disesaki mesin itu. (psr)

Baca Juga:

Mobil Sport Nissan yang Melegenda di Penggila Otomotif

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH