Mobil Listrik Bebas Polusi Udara dan Suara Bahkan Kebal Ganjil Genap Banyak keunggulan mobil listrik ketimbang mobil berbahan bakar fosil. (Foto: Pixabay/Joenomias)

MESKI masih jauh dari kata ideal, namun saat ini mobil listrik mulai menjadi pilihan dalam berkendara. Apalagi jumlah unit yang diproduksi masih kalah jauh dengan mobil yang menggunakan bahan bakar fosil.

Mobil listrik idealnya memang memakai energi yang terbarukan. Diharapkan bila mobil listrik sudah pada level masif bisa jadi akan menggusur penggunaan mobil berbahan bakar fosil. Dari segi teknologi dan peforma, mobil listrik tidak kalah dari mobil berbahan bakar minyak.

Baca Juga:

Porsche Taycan Jadi Mobil Elektrik Pertama di Game Gran Turismo Sport

1. Emisi karbon

Mobil Listrik
Mobil-mobil saat ini memiliki permasalah pada emisi karbon.(Foto: Pexels/-Gabriel Klein)


Penggunaan mobil listrik menjadi solusi mengatasi masalah emisi pada kendaraan yang ada saat ini. Karena mobil ini tidak mengeluarkan emisi karbon yang dipercaya menjadi penyumbang polusi udara. Dengan begitu, mobil listrik merupakan solusi kendaraan ramah lingkungan.


2. Pengisian bahan bakar yang fleksibel

Mobil Listrik
Mobil listrik bisa menambah daya bahkan di rumah sendiri. (Foto: Pixabay/IsmaelMarder)


Kendaraan dengan BMM biasanya harus mengisi pada pom bensin terdekat. Belum lagi antrean yang memakan waktu dan tenaga. Mobil listrik memiliki keunggulan dalam pengisian bahan bakar, karena dapat dilakukan di rumah dengan memanfaatkan listrik yang ada. Bersiap saja dengan tagihan rekening listrik.

3. Tidak bising

Mobil Listrik
Tingkat kebisingan mobil listrik sangat minimal. (Foto: Pixabay/punnatorn)


Berbeda dengan kendaraan konvensional yang menggunakan mesin berbahan bakar minyak, terutama bermesin diesel yang bising. Mobil listrik lebih senyap. Penggunaan mobil listrik sekaligus dapat mengurangi polusi suara, sehingga tidak menggangu orang sekitar dengan suara yang tidak mengenakan. Lihat saja pada perlombaan Formula E, meskipun mobil balap tapi tidak mengeluarkan suara sebising mobil Formula 1.


Baca Juga:

Tips Ampuh Membeli Mobil Bekas agar Kamu Untung Besar


4. Tidak banyak perawatan

Mobil Listrik
Mobil listrik tidak memerlukan penggantian oli (Foto: Reader's Digest)


Mesin pada kendaraan BBM biasanya menggunakan pelumas atau oli yang perlu diganti pada periode tertentu. Berbeda dengan mobil BBM, mobil listrik tidak memerlukan penggantian oli. Perawatan yang dilakukan hanya pada usia bannya saja.

5.Bebas ganjil genap

Mobil Listrik
Mobil listrik bisa bebas gage. (Foto: ANTARA/Aprillio Akbar)


Untuk kelebihan ini hadir di daerah Ibu Kota, DKI Jakarta. Pemprov DKI berupaya untuk menekan polusi udara yang ada, salah satunya penggunaan ganjil genap. Konon kabarnya untuk mobil listrik yang ada di DKI Jakarta bebas dari peraturan tersebut. (jhn)


Baca Juga:

Miliki Kecepatan di Luar Batas Wajar, Mobil-Mobil Ini Legal di Jalanan


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH