Mobil Legendaris BMW Ini akan Kembali dengan Mesin V8 Hybrid

Andrew FrancoisAndrew Francois - Rabu, 29 Juni 2022
Mobil Legendaris BMW Ini akan Kembali dengan Mesin V8 Hybrid
BMW akan produksi M5 Touring terbaru 2024 mendatang. (Foto: BMW M)

POPULASI BMW M5 Touring terbilang sangat sedikit sliweran di jalanan. BMW model E34 super langka yang dirilis pada 1992 itu baru diteruskan kembali dengan model terbaru E61 pada 2007 hingga 2010.

Baru-baru ini Motor1 melaporkan bahwa BMW tengah menyiapkan generasi ketiga mobil wagon mewah nan kencang itu. Kepada motor1, salah satu sumber perusahaan mengklaim pihaknya tengah bersiap untuk menghadirkan kembali rival terkuat AMG E63 itu.

Menurut perkiraan, produksi mobil station wagon terbaru itu akan dimulai secara bertahap hingga November 2024. Penggemar dan calon pelanggan masih harus menunggu sekira dua tahun lagi untuk pengungkapan resmi model mobil itu.

Baca juga:

BMW Rilis i7, Sedan Mewah Listrik Pertama di Dunia

BMW M5 Touring E34 yang legendaris. (Foto: BMW M)

Sumber tersebut juga mengatakan bahwa M5 Touring itu akan membawa kode nama 'G99' dan akan mengikuti basis sedan G90, yang juga akan mulai diproduksi pada Juli 2024. Mesin yang akan digunakan juga sama, yakni V8 4.400 cc dengan kombinasi hybrid.

Unit V8 itu akan melengkapi barisan mesin inline-six BMW yang terdapat pada mobil E34 dan V10 yang terdapat pada E61. Kombinasi hybrid ini diyakini akan menghasilkan tenaga tenaga mesin yang lebih besar.

Konfigurasi dan kapasitas mesin yang akan dihadirkan pada mobil anyar itu akan membuat besaran tenaganya sebanding dengan BMW XM.

BMW XM menghasilkan tenaga hingga 750 dk dengan torsi 1.000 Nm. M5 Touring juga disebut akan mengadopsi sistem xDrive. Sistem transmisi ini khas BMW. Sisitem ini mengalirkan tenaga secara eksklusif melalui transmisi otomatis yang sangat responsif.

Baca juga:

Kisah Sang Legenda BMW E30, Catatan Si Boy dan Andre Taulany

Mobil mewah nan kencang yang langka. (Foto: BMW M)

Banyak penggemar mobil legendaris itu sangat berharap BMW benar-benar merealisasikan rencana kehadiran kembali M5 Touring. Beberapa waktu lalu, pabrikan otomotif Jerman itu telah merilis M3 Touring. Penjualan dua wagon secara bersamaan untuk pertama kalinya akan begitu dinantikan.

Berbeda dari BMW, Mercedes dan Audi telah mendahului BMW dalam menjual dua lini mobil wagon sejak bertahun-tahun lalu. Masing-masing dengan model C63/E63 Estate dan RS4/RS6 Avant. Jadi, sudah saatnya tiga pabrikan mobil top Jerman menempuh langkah yang sama.

Adapun sedan seri 5 generasi berikutnya dijadwalkan rilis pada 2023 mendatang. Sektor dapur pacunya akan bermesin bensin, diesel, dan hybrid. Perusahaan juga sudah mengonfirmasi akan menghadirkan seri i5, mobil sedan seri 5 yang ditenagai baterai listrik penuh. (waf)

Baca juga:

BMW X7 2023 Sudah Meluncur, Tampilannya Lebih Gahar

#Mobil #BMW I5 #BMW #Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan