Mobil Jadul yang Masih Oke Dikendarai Anak Muda Banyak mobil tua yang masih oke (Foto: unsplash/Wade Lambet)

SEBAGIAN besar anak muda pasti ingin punya mobil sendiri. Terlebih memiliki mobil sudah menjadi gengsi di Indonesia. Nah, yang menjadi kendala harga mobil baru terbilang tak murah. Alhasil butuh waktu lama untuk mengumpulkan uang agar bisa membeli kendaraan roda empat ini.

Tapi, sebenarnya ada alternatif lain, yakni membeli mobil seken. Ada banyak kok mobil jadul yang masih layak dan keren untuk ditunggangi anak muda zaman sekarang. Penasaran mobil apa saja? Berikut ulasannya.

Baca juga:

Berapa Sih Harga Sewa Sirkuit Sentul?

1. Honda Civic Ferio

Civic generasi keenam yang masih menjadi pilihan anak muda kini (foto: en.wheelsage.org)
Civic generasi keenam yang masih menjadi pilihan anak muda kini (foto: en.wheelsage.org)

Generasi keenam dari Honda Civic ini dulunya sering jadi mobil orang-orang kelas menengah ke atas di Indonesia. Kecepatan yang mumpuni dan desain sporty menjadi salah satu alasannya. Mesin Ferio mampu menyemburkan tenaga sebesar 125 hp di 6400 rpm dengan torsi 148 nm di 5500 rpm.

Kini, Ferio bisa ditemukan di situs online jual beli mobil. Mobil keluaran tahun 1996 ini juga masih keren jika dipakai di jaman sekarang, terbukti masih banyak anak muda yang memakai Honda Civic Ferio untuk dimodifikasi atau dijadikan mobil balap drag. Harganya kini berkisar di antara Rp50-70 jutaan.

2. Toyota Great Corolla

Toyota Greco yang sangat terkenal tahan banting (foto: cintamobil.com)
Toyota Greco yang sangat terkenal tahan banting (foto: cintamobil.com)


Mobil keluaran tahun 1992 ini disebut-sebut sebagai sedan paling tahan banting di kelasnya. Toyota Great Corolla memiliki teknologi yang cukup canggih pada zamannya. Terdapat teknologi power steering dan power window, membuatnya dilirik pembeli.

Di Indonesia, mobil ini masih bisa diandalkan. Mengingat kemampuan mesinnya yang tahan banting, kaki-kakinya yang juga kuat dan nyaman bila dipakai harian. Meski mobil jadul suku cadangnya berlimpah di pasar otomotif.

Greco terdiri dari dua varian, yakni SE dengan mesin 1.300 cc dan SE-G dengan mesin 1600 cc. Namun sejak tahun 1994 varian SE ditiadakan, hanya tersedia varian SE-G 1600 cc. Harga Toyota Great Corolla kini sudah murah, berkisar antara Rp40 juta sampai Rp55 jutaan tergantung kondisi dan tahun.

Baca juga:

Bukan Karena Aki, Ini Penyebab Starter Elektrik Tidak Berfungsi!

3. Mitsubishi Galant V6 (hiu)

Mitsubishi Galant masih sangat garang (foto: wallpapersafari.com)
Mitsubishi Galant masih sangat garang (foto: wallpapersafari.com)

Jika saat ini dream car anak muda kebanyakan All New Civic Turbo, maka pada tahun 90an Mitsubishi Galant lah yang menjadi dream car. Untuk ukuran sebuah mobil sedan di jaman itu, mesinnya mampu mengeluarkan tenaga yang sangat gahar.

Berkapasitas 2500 cc, mesin enam silinder segaris ini mampu menyemburkan tenaga hingga 145 hp di 6.000 rpm dan torsi sebesar 180 Nm di 3000 rpm. Kelemahannya, kemampuan sebesar ini membutuhkan cukup banyak bahan bakar. Konsumsi mencapai 7 km/liter untuk perjalanan dalam kota, dan 10 km/liter untuk perjalanan luar kota.

Karena desain lampu depan yang gahar, mobil Mitsubishi Galant V6 masih keren jika dipakan kawula muda zaman sekarang. Harganya cukup terjangkau, berkisar antara Rp50-90 jutaan. Sementara untuk kondisi mobil yang benar-benar baik dan sudah dimodifikasi, harganya bisa sampai di atas Rp 120 jutaan.

4. BMW E36

Mobil tua Jerman yang kini cocok untuk kantong anak muda (foto: carmudi.co.id)
Mobil tua Jerman yang kini cocok untuk kantong anak muda (foto: carmudi.co.id)

Ketika mendengar merk mobil Jerman yang satu ini, yang tertempel di benak kamu pasti sebuah mobil mewah, mahal dan tidak pas di kantong anak muda. Tapi anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Ada loh mobil BMW yang murah, tapi tidak murahan.

Masuk ke kategori modern-classic, BMW E36 menjadi pilihan yang tepat untuk anak muda zaman sekarang. Selain harganya yang terjangkau, penampilan dan tarikan mesin BMW E36 sangat menjanjikan. Suku cadangnya juga masih mudah didapat. Harganya kini berkisar di antara Rp55-100 jutaan. Bila sudah dimodifikasi, bisa tembus Rp 200 jutaan. (drw)

Baca juga:

Jangan Nyalakan Audio Saat Mesin Mati


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH