Mobil Italia, Mesin Amerika Desain mobil Italia sangat ciamik dipadu dengan kekuatan mesin Amerika. (Foto: motor1)

ITALIA dikenal melahirkan mobil-mobil yang menjadi idaman banyak penggila otomotif. Desain bodi, fungsi hingga mesin berperforma tinggi selalu ada dalam produk mereka. Ketangguhan mesin Italia diakui oleh dunia. Performanya membuat decak kagum yang tak ada henti.

Namun bagaimana bila mobilnya memang dari Italia, mesinnya didatangkan dari Amerika. Tidak mungkin? Ternyata mungkin saja. Laman motor-junkie membeberkan beberapa mobil beraroma Italia dengan kekuatan mesin Amerika.


Baca Juga:

Supercars yang Dilupakan Orang

Nardi Silver Ray

mobil
Nardi Silver Ray (Foto: carrozzieri-italiani)

Mobil ini adalah salah satu dari mobil Italia dengan menggendong mesin Amerika. Mesin V8 ini memberikan kekuatan untuk mobil produksi tahun 1960 ini. Desainnya dibuat oleh Giovani Michelotti dan Nardi membuat rangka bulatnya dengan suspensi yang diambil dari Alfa Romeo. Mesinnya diambil dari Plymouth Golden Commando 413 V8 yang memberikan dorongan sebesar 350 dk. Mobil ini dapat melesat hingga kecepatan maksimal 225 kpj.

Momo Mirage

mobil
Momo Mirage (Foto: ultimatecarpage)

Mobil ini merupakan hasil perbincangan dua sahabat Peter Kalikow dari New York dan Albert Momo asalah Italia. Keduanya sama-sama menyukai otomotif. Bahkan Momo adalah diler dari mobil Jaguar. Dari kesukaannya itu maka di akhir tahun 1970-an keduanya sepakat memproduksi mobil sesuai dengan keinginan mereka. Mereka membuat mobil coupe bergaya Italia dengan mesin Chevrolet V8, desain mobilnya dibuat oleh Pietro Frua. Mereka merencanakan akan memproduksi mobil ini sebanyak 25 unit pertahun. Sayangnya pada periode itu terjadi krisis ekonomi yang menghantam produksi mereka. Mereka hanya berhasil memproduksi 5 unit saja. Saat ini 3 unit mobil ini masih ada di garasi Kalikow.

Baca Juga:

Jarak Aman Berkendara Dihitung Satuan Detik

Alfa Romeo TZ3

mobil
Alfa Romeo TZ3 (Foto: wikia)

Tak ada yang menyangsikan bila merk mobil ini berasal dari Italia. Dalam produksinya Alfa Romeo membuat tipe TZ, T kependekan dari Turbulare yang mengacu pada rangkanya yang bulat dan Z adalah Zagato yang merupakan rumah produksinya. Alfa Romeo sudah memproduksi TZ1, TZ2 dan TZ3. Untuk AlfaRomeo TZ3 adalah versi yang lain dari Dodge Viper ACR-X, Jadi Alfa Romeo hanya ‘mendandani’ mobil itu dan menyisakan mesinnya di tempat semula. Kemudian menyulapnya menjadi Alfa Romeo.


De Tomaso

mobil
de Tomaso Pantera (Foto: robbreportedit)

Dari sekian banyak brand Italia yang memakai mesin Amerika, bisa jadi De Tomaso memiliki varian yang lebih banyak. De Tomaso memakai mesin Amerika pada Mangusta, Longchamp dan Pantera. Untuk model Mangusta dibuat pada tahun 1967 dengan mesin diambil dari Ford Mustang 289 V8. Kemudian untuk Longchamp yang diproduksi di tahun 1970-an dibangun di atas sasis Deauville dengan mesin Ford 351 V8 yang memberikan kekuatan sebesar 330 dk. Sementara Pantera masih memakai mesin dari Ford yang membawa mobil ini dapat masuk ke pasar Amerika. (psr)


Baca Juga:

Ban Tetap Awet, Berumur Panjang

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH