Mobil Ikonik yang Populer dalam Film Aston Martin DB5 yang keluar di Goldfinger. (Foto: sbmoc.com)

MOBIL bukan sekedar kendaraan saja, melainkan sudah menjadi ‘aktor’ yang turut meraup popularitas seperti filmnya. Apalagi sebelumnya mobil itu memang sudah menjadi kesayangan pecinta otomotif. Seperti Ford Mustang Mach 1 yang dipakai dalam serial film John Wick, seolah menunjukan bahwa pria sejati menaiki mobil seperti itu.

Kebanyakan mobil yang menjadi ikon di film itu sudah tidak diproduksilagi. Posisi mobil-mobil ini sudah jadi legenda. Kalau toh ada yang yang menjual harganya pasti luar biasa karena menjadi barang koleksi.


GMC G-15: Serial TV The A Team

mobil gmc
GMC G-15 yang dipakai oleh The A team. (Foto: hemmings)

Mungkin generasi milenials tidak mengenal banyak keberadaan serial TV The A Team yang ngetop di tahun 1990an. Tim kecil pembasmi kejahatan ini biasanya diangkut oleh van GMC G-15. Van itu kepunyaan salah satu anggota timnya, B.A. Dalam film itu tidak ada seorang pun yang boleh mengendarai vannya itu.


VW Kodok Herbie

mobil vw
VW Beetle bernomor 53 ini sangat terkenal di dunai otomotif. (Foto: newatlas)


VW kodok Herbie muncul pertama kali di tahun 1969. Kepopuleran VW Beetle ini semakin meluas ketika film itu keluar. Berkisah tentang VW yang diajak reli dengan berbagai kelucuannya. Mobil bernomor 53 itu kemudian ‘dihidupkan’ kembali di tahun 2005. Film rilisan Disney itu kembali lagi menuai popularitas.

Dodge Charger: The Fast and the Furious & The Dukes of Hazzard

mobil dodge
Dibutuhkan banyak replika General Lee untuk serial film Dukes of Hazzard. (Foto: condonskellycom)


Dua film yang berbeda memasang Dodge Charger sebagai salah satu ‘pemain’nya. Dominic Toretto memakai mobil ini di sepanjang serial The Fast and the Furious. Dodge Charger sudah terlanjur melekat pada citra film ini. Mobil ini juga dipakai dalam serial TV di tahun 1990an berjudul The Dukes of Hazzard. Mobil yang diberi nama General Lee dikendarai oleh dua bersaudara Bo dan Luke yang memiliki reputasi ‘anak bandel’ di kotanya. Perbedaan antara serial TV dan film itu, dalam Dukes of Hazzard, Dodge Charger tak hanya diajak ngebut tapi juga melompat.


Aston Martin DB5: Goldfinger

mobil aston martin
ASton MArtin DB5 yang diburu para kolektor. (Foto: catawiki)


Mobil ini termasuk dalam jajaran mobil yang dijadikan koleksi oleh penggemar otomotif. Aston Martin DB5 yang dipakai dalam film franchise James Bond, Goldfinger, selalu muncul dalam setiap kesempatan di film franchise itu. Aston Martin tak bisa dipisahkan dari James Bond.

DeLorean DMC-12: Back to the Future

mobil
DeLorean DMC-12 yang sudah tidak ada pabriknya. (Foto: Motor1com)


Mobil sport ini sudah tidak lagi diproduksi karena pabriknya bangkrut. Namun orang tetap menjadikan DeLorean sebagai barang buruan. Bukan hanya karena desainnya yang futristik namun karena mobil ini mendulang popularitas dengan film Back to the Future. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH