Kronologi Insiden Helikopter Kepala BNPB Seret Mobil Dinas Lanal Tahuna Letjen Doni Monardo dilantik jadi Kepala BNPB (@Sekretariat.kabinet)

Merahputih.com - Helikopter yang ditumpangi Kepala Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo gagal terbang di Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Senin (6/1).

Saat kejadian, helikopter itu juga menyeret satu buah mobil. Akibatnya, mobil mengalami kerusakan di beberapa bagian.

Baca Juga

BNPB: Bekasi Menjadi Wilayah Terparah Terdampak Banjir

Adapun berdasarkan kronologi kejadian yang berhasil dihimpun dari BNPB, Senin (6/1) pada pukul 11.30 WITA, Kepala BNPB bersama rombongan tiba di Lapangan Gesit setelah selesai memberikan sambutan di Pendopo Rumah Dinas Jabatan Bupati Sangihe.

Sekitar pukul 11.50 WITA, helikopter hendak lepas landas dengan tujuan Siau, Kab. Sitaro. Namun, helikopter tidak ada power untuk naik dan hanya terbang rendah.

Tiba-tiba helikopter menukik mundur sehingga bagian ujung dari sayap kiri mengait bagian depan mobil dinas Palaksa Lanal Tahuna Letkol Laut (P) Christian, jenis Suzuki Ertiga warna biru Noreg 6304-VIII yang diparkir di pinggir kanan Lapangan Gesit.

Helikopter yang ditumpangi Kepala BNPB Letjen Doni Monardo gagal terbang (Antara)

Dugaan sementara dari pilot Kapten Cpn Faris Affandi, helikopter tidak bisa naik karena tidak ada power untuk mengangkat. Ini diakibatkan oleh adanya perubahan cuaca tiba-tiba berhembus angin kencang. Dalam insiden tersebut dilaporkan tidak ada korban jiwa.

Kepala BNPB Doni Monardo sendiri bersyukur tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. “Kami bersyukur tidak ada korban jiwa,” ujar dia, saat turun dari helikopter dikutip dari Antara, Selasa (7/1). (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH