Mobil Dinas Kepresidenan Republik Indonesia Dari Masa ke Masa Deretan mobil kepresidenan RI (Foto: pexels/pixabay)

PRESIDEN Indonesia terpilih resmi dilantik 20 Oktober 2019. Acara pelantikan berlangsung khidmat, gedung DPR/MPR dipenuhi tamu undangan dari dalam hingga luar negeri. Termasuk para Presiden dan Wakil Presiden Indonesia sebelumnya. Seiring pergantian presiden yang pernah Indonesia alami sebanyak tujuh kali, terdapat keunikan dari fasilitas yang dimiliki setiap presiden yang menjabat.

Salah satunya adalah mobil dinas kenegaraan. Dari Presiden Soekarno hingga Presiden Joko Widodo, terjadi perubahan yang cukup signifikan. Peremajaan komponen hingga jenis mobil yang digunakan menjadi salah satu hal yang harus dibicarakan oleh staf kepresidenan. Selain sebagai salah satu alat transportasi harian, mobil tersebut harus bisa mendukung setiap kegiatan yang akan dilakukan oleh presiden dan wakil presiden selama periode menjabat.

Baca juga:

#CongratsJokowiMarufAmin Meroket Ke Peringkat Pertama Trending Topic Twitter

Dilansir dari beberapa sumber, merahputih.com merangkum beberapa jenis mobil dinas yang pernah menemani kegiatan presiden. Dari presiden pertama hingga ketujuh Republik Indonsia. Terdapat salah satu merek terkenal yang cukup mendominasi pilihan hingga saat ini yakni Mercedes-Benz.

1. Buick-8

Mobil Dinas Kepresidenan Republik Indonesia Dari Masa ke Masa
Mobil Buick-8 jadi transportasi Presiden Soekarno (Foto: genpi.co)

Menjadi mobil pertama dinas Presiden pertama Indonesia. Ir. Soekarno. Pada tahun 1945 ditemukan oleh Ketua Barisan Benteng Sudiro di belakang kantor Departemen Perhubungan. Saat itu, beliau membujuk sopir pemilik mobil tersebut, dengan memberikan upah Rp300 dan akhirnya Sudiro berhasil mendapatkan kunci mobilnya.

Mobil ini dibuat di Amerika pada tahun 1938. Selain mobil tersebut, Soekarno juga memiliki mobil dinas lainnya. Antara lain, Cadillac 75, Chyrsler Imperial , GAZ 13, Zil 111, Lincoln Cosmopolitan (Limousine Cabrio) dan Mercedes-Benz 600.

2. Cadillac Fleetwood 75 Limousine

Mobil Dinas Kepresidenan Republik Indonesia Dari Masa ke Masa
Biasa digunakan untuk mobil kepresidenan, Cadillac Fleetwood 75 Limousine dimiliki Presiden Soeharto (Foto: dailyturismo.com)

Presiden kedua Indonesia, Soeharto, pernah menggunakan Cadillac Fleetwood 75 Limousine sebagai mobil dinasnya. Setiap tahun, selalu dilakukan peremajaan pada mobil tersebut. Hingga akhirnya mobil Cadillac ini diganti dengan Mercedes Benz G-Class.

Tipe Sport Utility Vehicle (SUV) menjadi bagian dari mobil barunya. Dikenal dengan kondisi mobil yang cocok untuk urusan dinas Presiden. Sebutan G-Class pada merek mobil ini diambil dari kata Gelandewagen yang artinya kendaraan segala medan.

Hingga saat ini pun, kendaraan operasional Pasukan Pengamanan Presiden selalu menggunakan mobil dengan jenis G-Class. Pada akhirnya, Soeharto menggunakan Mercedez Benz tipe S600 yang digunakan juga oleh presiden-presiden selanjutnya.

Baca juga:

Doa Iwan Fals di Hari Pelantikan Jokowi-Ma'ruf

3. Mercedes-Benz

Mobil Dinas Kepresidenan Republik Indonesia Dari Masa ke Masa
Mercedes-Benz seri S600 Guard jadi mobil kepresidenan masa pimpinan Habibie hingga Jokowi (Foto: gridoto.com)

Adalah mobil yang sering digunakan oleh presiden terdahulu hingga bertahun-tahun. Mobil ini juga dipakai pada era Habibie, Abdurrahman Wahid dan SBY. Mobil buatan Jerman ini menjadi pilihan favorit presiden hingga sekarang.

Namun, setiap tahun periode selalu terjadi pergantian mobil. Untuk menghindari kerusakan mobil tersebut. Presiden keenam RI menggunakan mobil keluaran tahun 1994 yang memiliki kemampuan anti peluru.

Lalu, terjadi peremajaan dan mangganti mobil tersebut menjadi Mercedes-Benz seri S600 Guard. Meskipun sering digunakan, setiap presiden memiliki pilihan mobil lainnya. BMW X5 anti peluru pernah digunakan oleh Presiden SBY saat keluar kota ataupun banjir.

4. Chrysler Imperial

Mobil Dinas Kepresidenan Republik Indonesia Dari Masa ke Masa
Raja Arab Saudi pernah beri hadiah Chrysler Imperial untuk Presiden pertama RI (Foto: hemmings motor news)

Mobil buatan Amerika Serikat ini hadiah dari Raja Arab Saudi untuk Presiden pertama Indonesia. Banyak kejadian bersejarah yang pernah dialami oleh mobil tersebut. Menjadi sasaran bom granat pada tahun 1957 tepatnya tanggal 30 November. Mobil ini hanya digunakan oleh Presiden Soekarno saja. (Dys)

Baca juga:

Catat nih, Acara Berikut Diundur karena Pelantikan Presiden



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH